PEMANFAATAN HANDPHONE ANDROID DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 GRESIK
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana pemanfaatan
Handphone Android dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI dan Faktor
positif dan negatif Handphone Android dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa
kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Gresik. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan
(fieldresearch), sehingga bisa disebut jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah
penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pendekatan ini diharapkan pendidik dapat
mengantisipasi terhadap peserta didik dalam pemanfaatan handphone android di dalam
sekolahan maupun kelas. Hasil penelitian ini Pemanfaatan Handphone Android di SMK
Muhammadiyah 2 Gresik sangat baik dalam proses pembelajaran yang membutuhkan Aplikasi
Handphone Android, karena di tahun ini semua manusia tidak bisa hilang dari alat Elektronik
yang simpel untuk dimanfaatkan maupun untuk penyimpanan data-data, bisnis, dan hubungan
antara keluarga yang jauh. Bagi peserta didik untuk mencari dan menambah pengetahuan atau
untuk mempermudah mengerjakan tugas rumah yang belum dijelaskan atau belum ada di
lembar kerja siswa (LKS), Faktor-faktor Handphone Android di SMK Muhammadiyah 2
Gresik ada 2 faktor yaitu, faktor positif, peserta didik bisa menambah ilmu mereka dengan
beberapa Aplikasi Handphone Android yang digunakan untuk menambah pengetahuan, bagi
pendidik dalam membantu untuk menjelaskan kesulitan ketika dalam proses pembelajaran.
Untuk faktor negatif bagi peserta didik dalam pembelajaran yaitu, akan lebih fokus terhadap
Handphone dan tidak konsentrasi karena untuk hal-hal negatif dalam pembelajaran, sehingga
Peserta didik akan kesulitan dalam memahami pelajaran dan ketika dalam ujian).
Kata Kunci : pemanfaatan, faktor, handphone, android
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.