PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI PONDOK AL-ISHLAH SENDANGAGUNG PACIRAN LAMONGAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Menggunakan metode penelitian sebagai berikut: 1) jenis pola penelitian kualitatif, 2) sumber data : narasumber, kepada guru, ustazah, pengasuh pondok dan santri, OPPI, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, 4) teknis analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti menganalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya hasil temuan di lapangan terkait pembiasaan membaca Al-Qur’an di pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Hasil penelitian skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui proses pembiasaan membaca Al-Qur’an dan untuk mendukung pembiasaan agar mencapai hasil yang lebih efektif maka digunakan beberapa metode atau cara dalam membaca Al-Qur’an yaitu: metode penugasan, metode teman sejawat, metode khusus atau privat, metode klasikal. Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an adalah Bahwa terdapat peran penting pengurus dan pembimbing dalam kegiatan proses pembiasaan membaca Al-Qur’an di pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan, dan pengurus dan pembimbing dituntut untuk bekerja sama dalam pembelajaran dan pembiasaan membaca Al-Qur’an. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya kultur atau budaya membaca Al-Qur’an yang melekat di dalam pondok Al-Ishlah Sendangagung sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang motivasi diri. Masih banyak santri yang tidak lancar atau belum bisa mengaji, minimnya tenaga pengajar yang benar-benar ahli tahsin (membaca Al-Qur’an).
Kata Kunci: pembiasaan, membaca alquran
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.