KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN

Authors

  • Ahmad Isa Mubaroq Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aslich Maulana Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v20i2.1305

Keywords:

pendidikan Islam, ahmad dahlan

Abstract

Tujuan mendeskripsikan konsep pendidikan K.H Ahmad Dahlan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Library Research. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan konsep pendidikan K.H Ahmad Dahlan dari beberapa buku kemudian memberikan deskripsi lalu di simpulkan. Hasil pembahasan yang ditulis ini ada pertama konsep pendidikan menurut K.H Ahmad Dahlan menganggap yang menjadi target paling penting dalam tujuan pendidikan adalah pembentukan kepribadian. Kedua, tujuan pendidikan menurut K.H Ahmad Dahlan adalah Baik budi pekertinya, alim dalam agama, luas pengetahuan dalam ilmu dunia (umum), dan bersedia memperjuangkan kemajuan masyarakat. Ketiga, Model Pendidikan yang baik menurut K.H Ahmad Dahlan adalah pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini di mana peserta didik tersebut berada. Keempat, K.H Ahmad Dahlan melakukan pembaharuan pendidikan dengan cara memasukkan pelajaran agama di setiap sekolah umum

Downloads

Published

2020-02-25

How to Cite

Mubaroq, A. I., Maulana, A., Basri, H., & Sya’bani, M. A. Y. (2020). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF KIAI HAJI AHMAD DAHLAN. Tamaddun, 20(2), 91–102. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v20i2.1305

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.