STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUTTAQIN PADANG BANDUNG DUKUN GRESIK

  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Bibit Sulaimah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Guru merupakan pelaksana pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Demikian juga guru memiliki strategi yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar santri Taman Pendidikan Al-Quran Al-Muttaqin Padang Bandung Dukun Gresik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar santri, meliputi : 1) Menggunakan metode tertentu. 2) Melakukan pendekatan khusus. 3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman. 4) Memberi pujian. 5) Memberi semangat. 6)Memberi tugas. 7) Memberi hadiah. 8) Memberi hukuman. Dari berbagai strategi yang telah diterapkan guru dalam pembelajran, para santri semakin mudah dalam menerima pelajaran, tidak merasa bosan, dan lebih semangat dalam belajar.


Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 30, 2024
How to Cite
SYA'BANI, Mohammad Ahyan Yusuf; SULAIMAH, Bibit. STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SANTRI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUTTAQIN PADANG BANDUNG DUKUN GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 25, n. 1, p. 012-019, jan. 2024. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/7322>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v25i1.7322.