Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Online terhadap Perilaku Siswa Kelas XI SMK Islamic Qon Gresik

  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Mufid Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk pelaksanaan pembelajaran dan Pengaruh adanya pembelajaran Pendidikan Agama Islam online berbasis Google Classroom terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK Islamic Qon Gresik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Islamic Qon Gresik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik penarikan sampel probabilita (probability sampling) dengan metode simple random sampling yang mengacu pada taraf kesalahan sebesar 5% dengan cara wawancara, angket dan observasi. Analisis data pada penelitian ini dimulai dari mengolah data menjadi tabel, kemudian menguji keabsahan data, dan melakukan analisis data. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam online berbasis Google Classroom pada siswa kelas XI SMK Islamic Qon Gresik terbatas pada penyampaian materi secara teoritis dan pemberian tugas yang sudah dijadwal sedemikian rupa oleh guru kepada siswa. dan dari pelaksanaan tersebut terdapat pengaruh positif yang nyata antara pembelajaran Pendidikan Agama Islam online berbasis Google Classroom terhadap perilaku belajar siswa kelas XI SMK Islamic Qon Gresik dengan kategori tinggi. Hal ini dapat dilihat pada analisis hasil angket dengan menggunakan rumus uji korelasi product moment yang nilai rxy diperoleh sebesar 0,709 dengan N = 85 yang lebih besar daripada nilai rtabel pada taraf signifikasi sebesar 5%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 13, 2025
How to Cite
SYA'BANI, Mohammad Ahyan Yusuf; MUFID, Muhammad. Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Online terhadap Perilaku Siswa Kelas XI SMK Islamic Qon Gresik. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 016-031, jan. 2025. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/9296>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v26i1.9296.