ANALISIS PERNYATAAN VISI SEBAGAI RENCANA STRATEGIS PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH
Abstract
Bagai nakhoda kapal, pemimpin universitas memiliki pantai tujuan sebagai ilustrasi
yang dituangkan dalam visi dan misi universitas sebagai gambaran konseptual tentang arah
tujuan yang diinginkan atau dicita-citakan di masa depan. Melalui pernyataan visi, perguruan
tinggi dapat memberikan gambaran arah rencana strategis organisasi kepada seluruh
stakeholders untuk memenangkan persaingan dan mencapai tujuan. Penelitian ini
menggunakan Analisis Konten (Content Analisis) dengan jenis Analisis Penunjukan
(Designation Analysis) atau juga disebut dengan (Subject Mater Content Analysis). Temuan
penelitian ini menunjukkan bahwa dari 57 Universitas Muhammadiyah sebagai lokus
penelitian, terdapat 7 kecenderungan konsep tertinggi sebagaimana teranalisis dari pernyataan
visi yang digunakan sebagai berikut: (1) konsep pengembangan catur darma terdapat 43
pernyataan (75%), (2) konsep keunggulan terdapat 40 pernyataan (70%), (3) konsep
pengembangan IPTEK terdapat 28 pernyataan (28%), (4) konsep pengembangan karakter
terdapat 9 pernyataan (15,7%), (5) konsep penelitian terdapat 3 pernyataan (5,2%), (6) konsep
pengabdian masyarakat terdapat 2 pernyataan (3,5%), dan (7) konsep tata kelola terdapat 1
pernyataan (1,7%). Diperlukan optimalisasi visi sebagai rencana strategis oleh Universitas
Muhammadiyah khususnya pada konsep penelitian, pengabdian masyarakat dan tata kelola
untuk tercapainya visi Persyarikatan Muhammadiyah dan tujuan serta fungsi pendirian
perguruan tinggi sebagaimana Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.