PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 1 MANYAR
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlakul Karimah Siswa di SMPN 1 Manyar, dan masalah yang dibahas adalah: 1. Bagaimana Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Manyar?, 2. Bagaimana Peranan Pendidikan Agama dalam pembinaan akhlakul karimah siswa di SMPN 1 Manyar. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, interviu. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data yang dibutuhkan dalam penelitian, sehingga memperoleh data-data yang kongkret yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di SMPN 1 Manyar. Sesuai dengan hasil penelitian dengan metode penelitian dan analisa data seperti tersebut di atas, bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Manyar cukup bagus, terbukti mereka sangat membutuhkan pelajaran Pendidikan Agama Islam, Dengan Pendidikan Agama Islam siswa-siswi lebih bisa mengontrol diri mereka dan mengubah sikap buruk mereka. Mengenai keadaan perilaku keseharian siswa-siswi SMPN 1 Manyar juga cukup bagus, tidak banyak tata tertib yang dilanggar, dan sikap mereka kepada sesama teman atau pun terhadap Guru mereka saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lainnya. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan di SMPN 1 Manyar Malang mempunyai peran yang sangat penting dalam pembinaan akhlakul karimah siswa, sebab dengan Pendidikan Agama Islam diharapkan nantinya para siswa akan menjadi generasi muda yang berbudi pekerti dan berakhlak mulia,. Adapun peranan Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan akhlakul karimah siswa dilaksanakan melalui pembinaan: membina akhlak siswa melalui fasilitator, membiasakan hidup berakhlak mulia.
Kata Kunci: pendidikan, islam, akhlak
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.