PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7 DI SMP NEGERI 5 GRESIK

  • Ajeng A'am Wulandari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Abstrak
Proses pembelajaran pendidikan Islam dapat lebih komprehensif dalam mencari informasi, manipulasi, pengelolaan dan transfer ilmu atau transfer informasi sehingga pengintegrasian TIK dalam proses pembelajaran menjadi peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir siswa, mengembangkan keterampilan TIK untuk kelancaran pembelajaran. proses, meningkatkan profesional guru dalam penggunaan media TIK, khususnya dalam pembelajaran PAI dan mentransformasikan sekolah menjadi lembaga pembelajaran yang kreatif dan dinamis agar siswa selalu penasaran dalam pembelajaran PAI.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk dapat mendeskripsikan penggunaan youtube sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Gresik , Sedangkan jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berisi deskriptif atau penjelasaan tentang media pembelajaran youtube, bersifat field research , metode pengumpulanterbagi menjadi 3 : Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Teknik analisa data : Pengumpulan, Reduksi, Kesimpulan.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan Youtube sebagai media dibagi menjadi tiga pra penggunaan dengan memberikan link video youtube yang terkait materi, kedua penggunaan yakni menjelaskan materi PAI berbentuk video yang meliputi suara dan gambar yang telah di upload di youtube, terakhir yakni metode pembelajaran praktik dengan pembuatan video presentatif tentang materi dan di upload siswa dalam channel youtube kelas.
Kata Kunci : Youtube, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 16, 2023
How to Cite
WULANDARI, Ajeng A'am; SYA'BANI, Mohammad Ahyan Yusuf. PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS 7 DI SMP NEGERI 5 GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 24, n. 1, p. 001-005, jan. 2023. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/5886>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v24i1.5886.