PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING

(Studi Kasus program Lesson Study pada Mahasiswa FAI Semester V mata kuliah Media Pembelajaran PAI)

  • admin admin
  • Muyasaroh muyasaroh

Abstract

Tujuan pendidikan diantarannya adalah mencetak manusia yang cakap, terampil, kreatif dan mandiri. Sebagai calon guru, mahasiswa PAI seharusnya terampil dan kreatif dalam segala bidang. Diharapkan dari sikap kreatif tersebut mahasiswa terampil dalam membuat media pembelajaran. Karena media pembelajaran yang baik dapat memotivasi siswa dalam belajar.Pengimplementasian metode Guided Discovery Learning pada proses pembelajaran diharapkan mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa. Karena implementasi metode ini memfokuskan pada siswa aktif, menemukan konsep dengan berdiskusi dan mencoba menciptakan karya. Sedangkan dosen sebagai fasilitator dan pembimbing. Oleh karena itu penelitian ini ingin merumuskan masalah bagaimana peningkatan keterampilan mahasiswa dalam membuat media pembelajaran PAI melalui metode Guided discovery Guidance Learning. merupakan suatu   metode   pembelajaran   yang menitik beratkan pada aktivitas siswa dalam belajar. Guru bertindak sebagai pembimbing dan fasilitator yang mengarahkan siswa untuk menemukan konsep, melalui tukar pendapat, berdiskusi, membaca sendiri dan mencoba sendiri.Adapun jenis penelitian adalah ( Field Research ) dan berupa PTK karena penelitian dilakukan berdasarkan pengalaman peneliti pada program Lesson study. Program Lesson Study ini ada 4 siklus dan tiap siklus terdiri dari Plan, Do dan See atau Refleksi. Penelitian ini menggunkan teknik pengumpulan data yaitu Observasi dan Dokumentasi. Analysis data menggunakan data reductions, data display, dan conclusion drawing /verification.. Hasil dari penelitian ini adalah melalui metode discovery Guided Learning mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat media Pembelajaran PAI dengan indicator- indikator kecepatan waktu, kesesuaian antara media dan materi yang akan disampaikan dan bentuk dari media yang dihasilkan sangat variatif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 4, 2017
How to Cite
ADMIN, admin; MUYASAROH, Muyasaroh. PENINGKATAN KETERAMPILAN MAHASISWA DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE GUIDED DISCOVERY LEARNING. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], p. 1-27, nov. 2017. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/71>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.71.
Section
Articles