PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA DIGITAL DALAM BUKU KARYA IKE KURNIATI
Abstract
Abstrak
Tujuan Pengembangan Pendidikan Agama Islam ialah membentuk suatu usaha untuk meningkatkan kemampuan teknis, teoritis, konseptual, dan moral sesuai dengan kebutuhan melalui pendidikan dan latihan. Pembelajaran sendiri juga berasal dari kata dasaryaitu belajar yang mendapat awalan pe dan akhiran-an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi pustaka atau library research yang menggunakan objek material kajian pustaka dan sumber data primernya adalah buku Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital dalam buku karya Ike Kurniati. analisis data adalah dengan menggunakan deskripsif dan analisis isi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran di era digital memiliki karakteristik yang berbeda dengan pembelajaran siswa pada masa sebelum ini, generasi di era ini adalah meraka yang berkakter digital netive. Siswa pada masa ini lahir, tumbuh dan besar bersentuhan langsung dengan dunia digital, sehingga arus informasi yang diperoleh akan berbeda dengan siswa sebelumnya. Selanjutnya terdapat relevansi antara pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital. Relevansinya terdapat pada karakteristik mata pelajaran PAI dan pengembangan pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Era Digital
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.