PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI KASUS DI SMK NURUL ISLAM GRESIK

  • Muhammad Sidiq Ardyatna Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muyasaroh Muyasaroh Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

masalah penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam Gresik? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis deskriptif kualitatif pula, yaitu berupa pemaparan dan penggambaran secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari objek penelitian yang ada di lembaga tersebut. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interviu dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di SMK Nurul Islam adalah setiap siswa yang beragama non-Islam diberi kebebasan untuk ikut di dalam kelas sebagai peserta pasif atau meninggalkan kelas dan diarahkan ke perpustakaan, dan GPAI yang ada juga membuat perencanaan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang dipakai dan juga sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural berjalan seperti biasanya dan telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh GPAI yang ada.
Kata Kunci: pendidikan, agama Islam, multicultural

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 12, 2022
How to Cite
ARDYATNA, Muhammad Sidiq; MUYASAROH, Muyasaroh. PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIKULTURAL: STUDI KASUS DI SMK NURUL ISLAM GRESIK. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 135-150, july 2022. ISSN 2722-2632. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/5430>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v23i2.5430.