IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN PAI BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SLB MUHAMMADIYAH SIDAYU GRESIK
Abstract
Abstrak: Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI bagi Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Muhammadiyah Gresik Sidayu Gresik. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi siswa di SMPLB Muhammadiyah Sidayu Gresik dan bagaimana implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti analisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu dengan mendeskripsikan atau menggambarkan apa adanya sesuai dengan hasil temuan di lapangan terkait implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus di SLB Muhammadiyah Gresik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SLB Muhammadiyah tepatnya di SMPLB Muhammadiyah Sidayu Gresik ini telah menggunakan kurikulum 2013, menjadikan siswa aktif dan senang untuk mengikuti pembelajaran terutama pembelajaran PAI. Dan kondisi siswa yang mana mereka berbeda-beda disabilitas dan kebutuhan di dalam satu kelas saat proses pembelajaran sehingga guru harus ekstra dalam menyampaikan materi. Di SLB sendiri keaktifan siswa sudah mulai terlihat saat menggunakan kurikulum 2013 seperti menirukan atau mempraktikkan apa yang telah diinstruksikan oleh pengajar. Implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran PAI bagi anak berkebutuhan khusus dirasa sudah cukup baik dalam standar sekolah luar biasa walaupun masih ada beberapa kendala.