PERAN GENDER DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN IBU MENDIDIK ANAK DALAM MENGENALKAN NILAI-NILAI MULTIKULTURAL DI LINGKUNGAN KELUARGA)
Abstract
Artikel ini hasil penelitian berorientasi pada masalah peran ibu (gender) dalam
memberikan pendidikan nilai-nilai multikultural dilingkungan keluarga karena ibu merupakan
tempat Tarbiyatul Ula atau pendidikan pertama dan utama bagi anak-anaknya. Tujuan
penelitian ini untuk menemukan konsep peran gender dalam pendidikan multicultural terutama
pada peran ibu mendidik anaknya dalam mengenalkan nilai –nilai multikultural di lingkungan
keluarga. Sedangkan metode Jenis penelitain Library Research murni menggunakan data
primer dan skunder kemudian dianalisis menggunakan, analisis bahasa, komparasi dan
hermeneutik. Adapunluaran/outcome pada penelitian disimpulkan bahwa ibu sebagai pendidik
mempunyai peran sebagai penjaga nilai nilai multikultural pada anak, ibu berperan sebagai
penasihat atau pentransfer ilmu mengenai nilai-nilai multikultural dengan cara berdialog aktif
dengan anak. kedua sebagai teladan bagi anak yaitu menjadi contoh dalam melakukan nilai
toleransi, keadilan, tolong menolong, humanitas/ssosial, kebersamaam dan persaudaraan bagi
anaknya. Ibu berperan sebagai pengawas sekaligus sebagai bentuk pembiasaaan dalam
mengimplemantasikan nilai-nilai multikultural ditingkat keluarga dan mengevaluasinya
dilakukan secara terus menerus.