STRATEGI PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0

Authors

  • Lutfiyah Lutfiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Hasan Basri Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Mohammad Ahyan Yusuf Sya'bani Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.3355

Keywords:

strategi pembelajaran, pondok pesantren, revolusi industri 4.0

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah pengasuh pesantren, ustazah, serta pengurus pesantren, serta para santri di pondok pesantren Mamba’us Sholihin Roudlotul Muta’allimin. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi Pembelajaran yang di terapkan di Pondok pesantren Mamba’us Sholihin Roudlotul Muta’allimin meliputi: Tidak membatasi santri dalam mengikuti kegiatan diluar pondok seperti halnya kegiatan sekolah akan tetapi masih dalam pengawasan pesantren, Mengadakan musyawarah rutinan antar pengasuh, pengurus dengan santri, Tidak diperbolehkan membawa gadget, Selalu memberi motivasi terhadap santri, Mendisiplinkan tata tertib dan peraturan pesantren, Meningkatkan sarana dan prasarana pesantren.(2) Tantangan yang di hadapi pesantren dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 antara lain: teknologi yang semakin canggih, sarana prasaran kurang memadai, tantangan eksternal, tantangan internal

Downloads

Published

2020-07-29

How to Cite

Lutfiyah, L., Basri, H., & Sya’bani, M. A. Y. (2020). STRATEGI PEMBELAJARAN PONDOK PESANTREN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA REVOLUSI 4.0. Tamaddun : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 21(2), 247–268. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v21i2.3355

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.