Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar

Authors

  • Mochammad Nor Qomari SD Muhammadiyah 1 GKB
  • Sri Ayu Lestari SD Muhammadiyah 1 GKB
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399

Keywords:

Pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, learning trajectory, bangun datar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap learning trajectory pada pembelajaran berbasis berdiferensiasi yang didasarkan pada perbedaan gaya belajar. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 GKB dengan melibatkan 29 subjek kelas III. Desain Penelitian ini menggunakan design research Gravemeijer dan Cobb yang melalui 3 tahapan: (1) preparing for the experiment dimulai dengan menyusun rencana pembalajaran, instrumen yang sesuai dengan gaya belajar peserta didik; (2) design experiment berkaitan dengan teaching experiment dan collecting data. Pada gaya belajar visual peserta didik sudah mampu mengaitkan pemahamannya dengan apa yang ia lihat mengenai materi keliling bangun datar. Sedangkan pada gaya belajar auditorial, peserta didik sudah mampu memahami mengenai vidio yang disampaikan dan menjawab soal-soal yang telah didengar. Hanya saja pada soal yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik masih salah dalam melakukan perhitungan dan salah dalam memahami konsepnya. Sedangakan gaya belajar kinestetik peserta didik sangat antusias dalam membuat mobil mainan dan menmberi sedikit warna pada kaca mobil; dan (3) retrospective analysis, dari pendahuluan hingga penetup pemberian stimulasi khusus sudah sesuai dengan gaya belajar peserta didik. Peserta didik juga mampu mengontruksi pengetahuannya dengan baik mengenai keliling bangun datar baik persegi, persegi panjang dan segi banyak.

Kata Kunci : Pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar, learning trajectory, bangun datar.

References

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Jurnal Forum Paedagogik, VI(01), 72–89.
Azizah, Kamisani, N., Aras, N. F., & Ardiana, L. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Nobangan Berbasis Permainan Tradisional Suku Kaili terhadap Nilai Karakter Cinta Tanah Air. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 5(2), 43–50. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/4966/2935
Deporter, bobby dan M. H. (2008). Quantum Learning. Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Kaifa.
Hamzah. (2008). Orientasi Baru dalam Pendidikan Pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Herwina, W. (2021). Optimizing Student Needs and Learning Outcomes With. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 35(2).
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.
Nikmaturrohmah, D. (2018). Analisis Learning Trajectory Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Belajar. 2.
Nuranisa, R. A., Nu’man, M., & ... (2015). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika. Seminar Nasional Dan …, 697–704. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-100.pdf
Paket, P., & Tahun, A. U. L. A. (2017). Di unduh dari : Bukupaket.com.
Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63
Priyatno, A., Mukasyaf, F., Matematika, D. P., Medan, U. N., Prodi, D., Rupa, S., & Negeri, U. (2019). Membangun Lintasan Belajar Berpikir Kreatif. 25(2), 86–94.
Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88
Simon, M. A. (2020). Recontructing Mathematics Pedagogy from Constructivist Perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2)(https://doi.org/10.5951/jresematheduc.26.2.0114).
Sinyanyuri., S. (2018). Buku Guru Kelas 3 Tema 8.
Surya, A. (2019). Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar (Sd). Jurnal Pendidikan Ilmiah, 4(2), 22–26.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Qomari, M. N., Lestari, S. A., & Fauziyah, N. (2022). Learning Trejectory pada Pembelajaran Berdiferensiasi Materi Keliling Bangun Datar Berdasarkan Perbedaan Gaya Belajar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 29–41. https://doi.org/10.30587/didaktika.v28i2(1).4399

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.