Meningkatkan Keterampilan Membaca Dongeng Berbantu Boneka Jari di Sekolah Dasar

Authors

  • Roudhotus Sita Yasin Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Keywords:

Keterampilan membaca, media boneka jari, wayang krucil.

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  keterampilan  membaca  teks cerita dongeng peserta didik melalui media boneka jari “Wayang Krucil” pada peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 GKB. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Muhammadiyah 2 GKB yang berjumlah 20 peserta didik. Desain penelitian ini menggunakan model Arikunto yang terdiri dari 4 tahap  yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan tindakan (Acting), pengamatan (Observing), dan refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan lembar tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media boneka jari “Wayang Krucil” dapat meningkatkan keterampilan membaca peserta didik. Peningkatan keterampilan membaca peserta didik dari hasil observasi aktivitas peserta didik, aktivitas guru dan tes. Dari hasil observasi aktivitas peserta didik dalam pembelajaran melalui media boneka jari “Wayang Krucil” dengan presentase 76 yang berada diantara rentang nilai 75 – 85 % dan termasuk ke dalam kategori baik. Hasil observasi aktivitas guru diperoleh bahwa pada siklus I tersebut guru memiliki kemampuan baik dalam mengelola pembelajaran dengan berbantu media boneka jari “Wayang Krucil” dengan jumlah skor 49 dan rata-rata yaitu 81,67% yang berada diantara skala 76 – 85 yang termasuk ke dalam kategori baik. Hasil tes hasil belajar peserta didik pada siklus I mengalami peningkatan secara klasikal mencapai 85% dan telah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan.

Kata Kunci : Keterampilan membaca, media boneka jari, wayang krucil.

References

Abdurahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Azkiya, Nur R. & Iswinarti. 2016. Pengaruh Mendengarkan Dongeng Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 04, No. 02.
Devianty, Rina. 2017. Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah. Vol. 24, No. 2. (230)
Habsari, Zakia. 2017. Dongeng sebagai pembentuk karakter anak. Jurnal kajian perpustakaan dan informasi. Vol 1 No 1. Hal 21-29.
Hasma, Barasandji, S., & Muhsin. 2014. Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Metode Bermain Pada Siswa Kelas I SDN Nambo Kec. Bungku Timur. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol. 3 No. 1.
Khotimah, Ade H. dkk. 2016. Keterampilan Membaca Cepat Dalam Menemukan Gagasan Utama. Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No. 1. Hlm 341 -350
Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN. Vol. 1-Nomor 2 (98).
Rahmawati. 2017. Strategi Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Media Kata Bergambar. Jurnal SAP Vol. 1 No. 3.

Downloads

Published

2022-09-19

How to Cite

Yasin, R. S., Bakhtiar, A. M., & Fauziyah, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Membaca Dongeng Berbantu Boneka Jari di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2), 64–70. Retrieved from https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4410

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.