PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PGRI MEGALUH JOMBANG MATERI NILAI MUTLAK

  • Yayuk Setyaningsih
  • Aslih Maulana

Abstract

Pada umumnya tidak semua siswa mampu memahami suatu materi dengan membaca buku teks. Biasanya guru selalu memerintahkan siswa untuk membaca materi dari buku teks guna meningkatkan pemahamannya. Banyaknya materi dan adanya keterbatasan waktu juga merupakan penyebab guru memerintahkan siswa untuk membaca sendiri materi tersebut dari buku. Berdasarkan tentang penerapan strategi belajar PQ4R guna meningkatkan hasil belajar siswa dan aktivitas siswa dalam mempelajari materi nilai mutlak dengan pengajaran langsung.


Penelitian dilakukan pada siswa kelas X IPS semester 1 di SMA PGRI Megaluh Jombang yang berjumlah 30 siswa. Pendekatan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 kali siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap rencana, tindakan/observasi, refleksi dan revisi. Data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa diperoleh dari nilai kuis pada setiap akhir siklus. Kemudian nilai ini dianalisis dengan batas ketuntasan dan ketercapaian IPK. Sedangkan untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa diperoleh dari lembar pengamatan aktivitas siswa. Penilaian yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.


Hasil dari penelitian memberikan simpulan bahwa penerapan strategi belajar PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa dengan rata-rata nilai tertinggi dicapai pada siklus II yaitu sebesar 91,3 dengan ketuntasan klasikal 100%. Sedangkan aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata tertinggi sebesar 3,43 pada siklus II.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 7, 2020
How to Cite
SETYANINGSIH, Yayuk; MAULANA, Aslih. PENERAPAN STRATEGI PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS SMA PGRI MEGALUH JOMBANG MATERI NILAI MUTLAK. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 27, n. 1, p. 37-46, dec. 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2101>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i1.2101.
Section
Articles