Penerapan Strategi Pembelajaran (Think Talk Write) TTW Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Pada Materi Pokok Bahasan Persamaan lingkaran Matematika Di Kelas XI SMK Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan

  • Ulfatur Rohmah
  • Aslih Maulana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: apakah penerapan (Think Talk Write) TTW  pada materi pokok bahasan persamaan lingkaran dapat hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis matematika peserta didik kelas XI SMK Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK amanatul umamah pegantenan pamekasan yang jumlah peserta didiknya 23 orang, terdiri dari 11 perempuan dan 12 laki-laki.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dalam 2 (dua) siklus, setiap siklus ada 4 (empat) tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), Pengamatan(observation), dan refleksi (reflection


Hasil belajar pada kondisi awal rata-rata sebelum dilakukan penelitian yaitu 60 dengan presentase ketuntasan 39%. Setelah dilakukan penelitian siklus I menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write  mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 77,44 dengan peresentase ketuntasan mencapai 83%.untuk kemampuan berpikir kritis pada kondisi awal rata-rata sebelum dilakukan penelitian yaitu 50,5 (tidak kritis) dengan presentase 44,7% (tidak kritis). Setelah dilakukan penelitian siklus I menggunakan strategi pembelajaran Think-Talk-Write  mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 72,8 (kritis) dengan peresentase  mencapai 79,3% (kritis).


Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran (Think Talk Write) TTW dengan melalui delapan langkah- langkahnya dapat meningkatkan hasil belajar dan berpikir kritis peserta didik pada pokok pada materi pokok persamaan lingkaran kelas XI SMK Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. Keberhasilan penggunaan metode tersebut diharapkan bisa digunakan sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang inovatif. Selanjutnya para guru dapat lebih berkreasi dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 7, 2020
How to Cite
ROHMAH, Ulfatur; MAULANA, Aslih. Penerapan Strategi Pembelajaran (Think Talk Write) TTW Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berfikir Kritis Matematika Pada Materi Pokok Bahasan Persamaan lingkaran Matematika Di Kelas XI SMK Amanatul Ummah Pegantenan Pamekasan. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 27, n. 1, p. 29-36, dec. 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2100>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v27i1.2100.
Section
Articles