FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP INDEKS PRESTASI SEMESTER (IPS) MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

  • Nourma Yunita Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Siti Mudlikah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Masa depan dan keunggulan bangsa ditentukan oleh keunggulan sumber daya manusia (SDM) dalam sektor pendidikan. Berdasarkan data dari Dirjen dikti tahun 2017 menunjukkan masih banyaknya mahasiswa yang putus kuliah dikarenakan kurangnya minat dan motivasi dari mahasiswa dan peran serta dari orang tua sehingga hal tersebut menjadi kendala sebagian besar mahasiswa tidak melanjutkan studi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh terhadap indeks prestasi sementara mahasiswa S1 Keperawatan fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gresik
Jenis penelitian Analitik, desain penelitian observasional, dengan pendekatan waktu cross sectional. Besar sampel pada penelitian ini sebanyak 60 mahasiswa dengan variabel independen (motivasi, minat, gaya belajar, dan dukungan orang tua) dan variabel dependen (IPS) dengan menggunakan uji Rank spearman correlation untuk mengetahui hubungan dari masing-masing variabel independen dengan variabel dependen. Untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama variabel independen terhadap variabel dependen menggunakan uji Regresi ordinal.
Hasil penelitian menunjukkan motivasi tinggi (75%), minat tinggi (71,2%), gaya belajar visual (63,4%), dukungan baik dari orang tua (73,1%) dan IPS dengan pujian (88,5%). Kesimpulan analisis multivariat menunjukkan dukungan orang tua merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap IPS dibandingkan faktor motivasi, minat, dan gaya belajar mahasiswa.
Katakunci: Motivasi, minat, gaya belajar, dukungan orang tua, IPS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 17, 2020
How to Cite
YUNITA, Nourma; MUDLIKAH, Siti. FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP INDEKS PRESTASI SEMESTER (IPS) MAHASISWA S1 KEPERAWATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, [S.l.], v. 26, n. 1, p. 1-18, mar. 2020. ISSN 2621-8941. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/didaktika/article/view/1330>. Date accessed: 03 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/didaktika.v1i26.1330.
Section
Articles