SOSIALISASI STANDARISASI DAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL PELAKU USAHA DESA KRAMAT KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN, KABUPATEN GRESIK

  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Beni Dwi Komara Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Heri Cahyo Bagus Setiawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Saed Nabel Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Kramat Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik terletak dikisaran 2 Km dari pusat kota Gresik ini memiliki keunggulan berupa destilasi air payau menjadi air minum dalam kemasan. Penduduk setempat sangat kreatif dengan melanjutkan inovasi mereka berupa industri rumah tangga kerupuk ikan. Minat masyarakat yang sangat besar akan kuliner khas Desa Kramat ini dilanjutkan dengan pembangunan Desa Wisata Alam dan Kuliner Kramat. Disana dibangun kolam pemancingan, pusat kuliner tradisional khas Gresik dan tempat wisata untuk berswa-foto.


Secara fisik pembangunan desa wisata sudah mendekati rampung, namun masih banyak pihak terkait di Desa Kramat terutama penggiat utama Desa Wisata dan masyarakat masih memerlukan bimbingan bangaimana mereka mampu mengoptimalkan potensi produk mereka  melalui peningkatan kapasitas tentang standarisasi produk dan label halal. Hal ini merupakan langkah agar kearifan lokal desa Kramat ini mampu secara nyata mampu menguatkan keunggulan produk sehingga dapat  mengangkat kemandirian ekonomi didesa Kramat. Permasalahan ini selanjutnya menjadi dasar dilakukannya Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di desa Kramat ini. Melalui program ini penggiat utama Desa Kramat yang terdiri dari BUMDesa, Kader PKK, kader Karang Taruna dan masyarakat akan diberikan Sosialisasi Standarisasi Dan Sertifikasi Produk Halal Pelaku Usaha Di Desa Kramat Kecamatan Duduksampeyan Kabupaten Gresik.


Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM adalah; 1. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyakat desa Kramat 2. Meningkatkan daya saing produk UMKM masyarakat Desa Kramat Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik..  Metode  yang digunakan adalah metode ceramah dan diskusi, transfer teknologi dan demonstrasi cara. Melalui pembinaan dalam program PKM, diharapkan Penggiat utama Desa dan masyarakat mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mampu meningkatkan daya saing produk UMKM masyarakat Desa Kramat Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Sep 1, 2022
How to Cite
KURNIAWAN, Aries et al. SOSIALISASI STANDARISASI DAN SERTIFIKASI PRODUK HALAL PELAKU USAHA DESA KRAMAT KECAMATAN DUDUKSAMPEYAN, KABUPATEN GRESIK. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 331-335, sep. 2022. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/4293>. Date accessed: 21 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v4i3.4293.
Section
Articles