Peluang Usaha Dan Tantangan Menciptakan Alat Pencuci Tangan Yang Higienis Dimasa Pandemi Covid-19 Di Perum Permata Graha Agung

  • Ahmad Arif Badruz Zaman Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Aries Kurniawan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Perum Permata Graha Agung (PGA) Blok R 06 RT 06 RW 08 Desa Pongangan Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Mayoritas mata pencaharian masyarakat RT ini adalah pegawai kantor, PNS, pedagang dan buruh pabrik. Pedagang sudah menjadi pekerjaan yang banyak di minati oleh masyarakat di seluruh indonesia. Di tengah pandemi Covid-19 seperti ini, tidak menjadi halangan bagi masyarakat perumahan ini untuk terus berkreasi dan melaksanakan segala aktivitas sehari-harinya. Agar segala aktivitas tersebut bisa berjalan dengan lancar semua masyarakat di himbau untuk menjaga protokol kesehatan yang ditetapkan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini. Berdagang merupakan kegiatan yang bertemu langsung dengan konsumen. Maka dari itu semua pedagang harus bisa menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan. Peluang usaha merupakan sebuah proses yang melibatkan invidu atau kelompok yang menggunakan usaha dan sarana tertentu untuk menciptakan suatu nilai tumbuh guna memenuhi sebuah kebutuhan tanpa memperhatikan sumber daya yang digunakan. Dengan menciptakan kreativitas dan inovasi baru, alat pencuci tangan dimana handle kran air pada saat ingin mencuci tangan tidak di buka dengan tangan melainkan cukup dengan menginjak handle dengan kaki yang sudah di sediakan dan kemudian kran akan terbuka, air pun akan mengalir turun. Bahan yang diperlukan membuat sangatlah sederhana dan mudah dijangkau sehingga semua kalangan bisa membuatnya sendiri di rumah masing-masing.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 1, 2021
How to Cite
ZAMAN, Ahmad Arif Badruz et al. Peluang Usaha Dan Tantangan Menciptakan Alat Pencuci Tangan Yang Higienis Dimasa Pandemi Covid-19 Di Perum Permata Graha Agung. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 3, n. 4, p. 1149-1157, dec. 2021. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/3250>. Date accessed: 14 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v3i4.3250.
Section
Articles