PENYULUHAN KREATIFITAS MINUMAN SEHAT KELUARGA DARI POPPING BUAH DAN SAYUR DENGAN TEKNIK SPHERIFICATION PADA PENERAPAN MOLECULAR GASTRONOMY

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ayunda Sayyidatul Ifadah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Iqbal Ash Shidiq Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Muhammad Wahyu Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Eka Permady Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Desa Kedanyang terletak di Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik. Desa Kedanyang berbatasan langsung dengan Desa Sekar Kurung dan Kembangan di sebelah utara, Desa Tambak Dono disebelah selatan, Desa Prambangan disebelah timur dan Desa Banjarsari di sebelah barat. Desa Kedanyang merupakan salah satu Desa dengan jumlah kepadatan penduduk yang tinggi. Penduduk Desa Kedanyang tidak berasal dari warga asli Desa namun juga terdapat warga pendatang yang berasal dari Kabupaten dan Kota sekitarnya seperti Kota Surabaya, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Tuban. Aktivitas urban sprawl menyebabkan menjamurnya berbagai usaha makanan minuman yang dijual di Desa Kedanyang. Boba milk tea salah satu jenis minuman olahan dari tea dan susu dengan ditambah bola – bola kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Kebiasaan mengonsumsi minuman manis ini berdampak pada kurangnya minat anak – anak sampai remaja untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Minuman sehat keluarga adalah program kerja KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik yang mengambil konsep dasar duplikasi boba milk tea dengan menggunakan bahan dasar buah dan sayur yang dibentuk menjadi popping boba. Teknik spherification reverse yang dipilih dari bidang ilmu Molecular Gastronomy dengan menggunakan bahan natrium alginat dan kalsium laktat untuk membuat popping boba berbahan dasar buah dan sayuran. Kegiatan penyuluhan yang diberikan diharapkan memberikan angin inovasi bagi masyarakat Desa Kedanyang untuk menumbuhkan kreatifitas masyrakat dalam membuat minuman sehat guna memenuhi zat gizi untuk tubuh terlebih untuk anak – anak dan remaja serta menciptakan ide peluang bisnis untuk menguatkan perekonomian Desa Kedanyang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2023
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. PENYULUHAN KREATIFITAS MINUMAN SEHAT KELUARGA DARI POPPING BUAH DAN SAYUR DENGAN TEKNIK SPHERIFICATION PADA PENERAPAN MOLECULAR GASTRONOMY. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 104-116, mar. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5389>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.5389.