MEMPERKENALKAN PARIWISATA DESA MELALUI MEDIA SOSIAL DENGAN BERBASIS PARTISIPASI MASYARAKAT
Abstract
Memperkenalkan pariwisata di media sosial sangatlah besar potensinya. Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah bagaimana agar media sosial tersebut dapat di kenal dan memiliki banyak pengikut agar konten yang di publikasikan dapat diterima orang banyak. Oleh karena itu dengan partisipasi masyarakat di sini yang melibatkan berbagai elemen masyarakat di daerah tersebut untuk ikut dalam mempromosikan pariwisata melalui media sosialnya masing-masing. Langkah awal tersebut dinilai lebih efektif karena dengan partisipasi masyarakat langsung lebih gampang untuk mempromosikan wisata daerah tersebut. Dengan mengunakan media sosial masyarakat maka akan menarik wisatawan yang dapat membagikan pengalaman mereka serta memperkenalkan lebih luas. Pemerintah daerah juga memfasilitasi dengan membuat sebuah komunitas untuk menjaring pengguna media sosial di daerah masing-masing sehingga dapat dengan mudah mengontrol dan mengelola pengguna-pengguna media sosial tersebut dalam mempromosikan pariwisata di daerah masing-masing.