PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG KREATIF, INOVATIF, MANDIRI SERTA BERWAWASAN TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SDM DI DESA LERAN

  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ernawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Yanuar Pandu Negoro Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Imam Wahyu Ramadhan Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Parianti Parianti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Riris Dia Mariati Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pemberdayaan masyarakat yang Kreatif, Inovatif, Mandiri Serta Berwawasan Teknologi merupakan upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam rangka untuk peningkatan kualitas desa dan dilakukan berdasarkan potensi SDM yang ada. Kegiatan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan aktivitas berbasis pengabdian masyarakat untuk meningkatkan empati mahasiswa terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. KKN Tematik UMG 2021-2022 dilaksanakan di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik dengan metode pengabdian seperti sosialisasi kepada masyarakat, pelatihan serta melakukan pendampingan dalam upaya memajukan desa. Hasil menunjukkan adanya respon positif dari pemerindah desa serta masyarakat sekitar. Selain itu beberapa luaran yang dihasilkan: (1) Plang papan informasi disetiap lokasi sudah terpasang (2) Mengenalkan Teknologi Digitalisasi Marketing berupa informasi website desa kepada masyarakat desa (3) Terjaganya kebersihan dan keindahan fasilitas dan lingkungan desa (4) Peningkatan minat membaca dan menulis, budaya, kreatifitas siswa/i desa (5) Packaging yang lebih ekonomis untuk produk petis udang (6) Penyerahan Aplikasi Pembukuan HIPPAM, Desain 3D dan 2D bangunan baru balai desa, dan Hasil Kelayakan air HIPPAM. Sebelum menentukan program kerja yang akan digunakan terlebih dahulu diawali dengan kegiatan observasi, wawancara, dan diskusi. Hasil dari rencana kerja mahasiswa KKN Tematik UMG di Desa Leran yang berlangsung kurang lebih selama tiga bulan telah terlaksana dengan baik dan tepat sasaran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 1, 2023
How to Cite
SUKARIS, Sukaris et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT YANG KREATIF, INOVATIF, MANDIRI SERTA BERWAWASAN TEKNOLOGI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS SDM DI DESA LERAN. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 96-103, mar. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/5388>. Date accessed: 17 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i1.5388.