PEMBUATAN MINUMAN TEH HERBAL ”JELANG TEA” SEBAGAI INSPIRASI PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KAMPUNG SIBA KLASIK DAN SEBAGAI PENINGKAT IMMUNITAS TUBUH

  • Septian Aditya Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Endah Mulyani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Teh herbal Jelang merupakan teh herbal yang diproduksi oleh kelompok KKN Teknik Industri angkatan 2021. Teh herbal ini hadir dalam bentuk teh celup yang terbuat dari bunga telang kering, jahe merah/putih, dan kayu manis. Teh herbal yang sudah dikemas dapat dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. Senyawa aktif berupa vitamin C, berbagai flavonoid yang mudah larut dapat memiliki sifat imunostimulan untuk meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh terhadap virus, bakteri dan mikroba lainnya, serta radikal bebas. Hasil dari pembuatan teh herbal ini berwarna ungu kebiruan seperti warna bunga telang dan memiliki rasa yang sedikit pedas seperti jahe, dengan aroma kayu manis yang ringan. Kesimpulan dari resep ini adalah pemanfaatan bunga telang, jahe merah dan kayu manis untuk membuat teh herbal sebagai minuman kesehatan dapat digunakan dan dikembangkan oleh masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2024
How to Cite
ADITYA, Septian et al. PEMBUATAN MINUMAN TEH HERBAL ”JELANG TEA” SEBAGAI INSPIRASI PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KAMPUNG SIBA KLASIK DAN SEBAGAI PENINGKAT IMMUNITAS TUBUH. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 87-95, mar. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7495>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7495.
Section
Articles