PENDAMPINGAN PEMBUATAN LABEL INFORMASI NILAI GIZI PADA KEMASAN PRODUK BOLU KIJING DI UMKM YAYANG CIREBON
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v7i1.9285Keywords:
bolu kijing, Informasi nilai gizi, Kemasaan, UMKMAbstract
Produk bolu kijing hasil produksi UMKM Yayang merupakan produk yang banyak diminati oleh masyarakat lokal. Namun, terdapat beberapa permasalah yang dihadapi oleh pelaku UMKM Yayang, diantaranya yaitu kemasan produk yang masih sederhana dan masih belum menampilkan tabel informasi nilai gizi (ING) pada kemasannya. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah melakukan pendampingan pada pelaku UMKM Yayang dalam pembuatan informasi nilai gizi untuk label kemasannya. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan utama yaitu observasi, kegiatan pendampingan, dan evaluasi. Pembuatan ING dilakukan berdasarkan data analisis kandungan zat gizi produk dari hasil laboratorium yang telah dilakukan sebelumnya oleh UMKM Yayang. Selanjutnya, tim bersama dengan pelaku UMKM melakukan perhitungan dan penyusunan data kandungan gizi ke dalam format ING yang telah diberlakukan oleh BPOM. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan respon yang positif dari pelaku UMKM terkait pentingnya penggunaan tabel ING dalam label kemasan produk pangan. Pendampingan yang dilakukan oleh tim kepada pelaku UMKM Yayang berhasil membuat tabel ING yang dapat disajikan pada kemasan produk bolu kijing. ING dari produk bolu kijing selanjutnya dituangkan ke dalam desain kemasan yang telah dibuat. Luaran utama dari kegiatan ini adalah dihasilkannya desain kemasan produk bolu kijing yang telah memiliki ING didalamnya. Hasil kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kemasan sebagai upaya untuk meningkatkan jangkauan pemasaran produk bolu kijing UMKM Yayang.
References
Fitri, N., Yuliati, E., Studi Gizi Program Sarjana, P., Ilmu Kesehatan, F., & Respati Yogyakarta, U. (2020). Pengetahuan dan kebiasaan membaca label informasi nilai gizi makanan kemasan tidak berhubungan dengan status gizi pada mahasiswa asrama kutai kartanegara di yogyakarta. GIZIDO, 12(1).
Gunawan, P. A., & Kunto, Y. S. (2022). Pengaruh brand image dan nutrition label terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo: efek moderasi orientasi makanan sehat. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1).
Latifasari, N., Kurniawati, A. D., Arini, R. W., & Naufalin, R. (2024). Strategi Peningkatan Pemasaran dengan Perbaikan Informasi Nilai Gizi pada Labeling Kemasan Produk Yogurt Drink di UKM Yogurt Sehati Banyumas. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(3), 939–948. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i3.1847
Rarastiti, C. N., & Sundari, S. (2023). Hubungan Membaca Label Pangan terhadap Pemilihan Makanan Kemasan pada Mahasiswa Gizi Universitas IVET Semarang. Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 1(4), 12–21. https://doi.org/10.55606/termometer.v1i4.2344
Sidin, C., & Indiarti, M. (2020). Pengaruh jumlah usaha mikro kecil menengah dan jumlah tenaga kerja umkm terhadap sumbangan produk domestik bruto umkm periode tahun 1997 – 2016. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 189. https://doi.org/10.33370/jmk.v16i2.366
Suprapto, R., Wahyuddin Azizi, Z., & Rembang, S. Y. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. In Riset Ekonomi Manajemen (Vol. 3).
Gusman, T.A., Yulina, I.K., Johan. (2024). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) Desa Cibunut Mellaui Online Single Sumbission (OSS) untuk Produk The Herbal Kulit BAwang Merah. Jurnal Solma, 13(3), 1890-1898. https://doi.org/10.2236/solma.v13i3.16895