PENGEMBANGAN RUMAH KOLABORASI LAMONGAN UNTUK MENGANGKAT POTENSI LAMONGAN MELALUI PENDIDIKAN BISNIS KOLABORASI DIGITAL BAGI PEMUDA

  • Dwi Sambada Univesitas Terbuka
  • Tridyah Prastiti Univesitas Terbuka
  • Agus Prasetya Univesitas Terbuka
  • Heri Cahyo Bagus Setiawan Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pengembangan "Rumah Kolaborasi" di Kabupaten Lamongan adalah usaha untuk mengangkat potensi ekonomi local melalui proses kreatif dan kolaborasi multi pihak. Hal ini dicapai bersama tim pengabdian masyarakat dengan memberikan pembekalan bagi pemuda mengenai konsep bisnis kolaborasi digital. Program ini bertujuan menciptakan wadah belajar dan praktek bagi pemuda, membantu mereka memahami ekonomi kolaborasi, dan mendorong pembentukan platform digital startup berbasis ekonomi kolaborasi. Program ini juga bertujuan untuk membangun embrio dari koperasi serba usaha multi pihak yang nantinya akan menjadi badan hukum yang menaungi gerakan mereka. Melalui webinar, pelatihan, dan pendampingan, program ini berhasil membentuk "Rumah Kolaborasi", tim manajemen bisnis kolaborasi, dan platform digital "Inarum.ID" sebagai proyek awal implementasi konsep ekonomi kolaborasi modern. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi pemuda dalam ekonomi kolaborasi, membantu UMKM agar bisa berkembang, menciptakan peluang usaha atau peluang kerja bagi masyarakat luas, dan membangun komunitas yang kuat dan berkelanjutan di Kabupaten Lamongan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Nov 22, 2023
How to Cite
SAMBADA, Dwi et al. PENGEMBANGAN RUMAH KOLABORASI LAMONGAN UNTUK MENGANGKAT POTENSI LAMONGAN MELALUI PENDIDIKAN BISNIS KOLABORASI DIGITAL BAGI PEMUDA. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 5, n. 4, p. 401-410, nov. 2023. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/6768>. Date accessed: 22 july 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i4.6768.