PENDAMPINGAN KEGIATAN MANAJEMEN LABORATORIUM DI SD BERORIENTASI PADA PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI GURU SD KREATIF TEMPEL SUKOREJO BOJONEGORO
Abstract
Pelatihan ini penting untuk dilakukan karena salah satu faktor penentu keberhasilan kegiatan laboratoriun SD adalah guru dan hasil pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan laboratorium IPA dan selanjutnya diharapkanĀ berpengaruh positif terhadap frekuensi kegiatan laboratorium IPA di SD. Impleentasi pada kelas riil menunjukkan hasil positif dan respon guru serta siswa sanagat positif. Setelah kegiatan pelatihan di SD Taman Kota Madiun maka peserta diharapkan membiasakan melanjutkan membuat LKS terus terasah dengan baik dan bermanfaatt bagi anak didiknya. Anak didik yang terbiasa dengan pembelajar berbasis inqiury akan membaentuk sikap sebagai seorang ilmuwan. Kegiatan pelatihan selanjutnya dilakukan oleh team adalah implementasi hasil merancangan dalam simulasi pembelajaran di kelas SD masing-masing MGMP peserta pelatihan. Simulasi di kelas riil dilaksanakan pada bulan Oktober 2023. Pada pelaksankegiatan dilakukan monitoring oleh kedua belah pihak.yakni tim abdimas dan kepala SD dan pada akhir kegiatan diadakan evaluasi terhadap pelaksanakan hasil. Respon siswa setelah diterapkan LKS hasil rancangan guru di kelas masing-masing, menunjukkan bahwa bahwa sebagaian besar siswa baru dengan LKS tersebut, merasa terbimbing dan termotivasi dengan adanya peralatan laboratorium yang berwujud seperti alat yang ada di sekitar kita dan harganya murah. Seperti pada rancangan guru dalam menemukan hubungan terang lampu dengn jumlah baterai yang digunakan mudah di amati dan dilakukan karena memakai batteray besar, wadah batteray yang ada di toook elektonik, lampu besar biasa dan tatakan lampu juga ada di pasaran dan mudah mendapatkan serta murah harganya