SOSIALISASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA INFORMASI PEMASARAN ONLINE DI SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v5i4.6798Abstract
Pemasaran menggunakan media digital telah membentuk kembali hampir setiap aspek kehidupan manusia tidak terkecuali pada sektor pendidikan. Penggunaan teknologi digital pada dunia Pendidikan memudahkan murid yang masih duduk pada bangku sekolah untuk mencari informasi mengenai sekolah yang ingin dituju. Saat ini, Indonesia telah memiliki anggaran yang cukup untuk merealisasikan teknologi informasi pada bidang Pendidikan sebesar 20% dari keseluruhan jumlah anggaran negara. Oleh karena itu, sangat memungkinkan bagi SMK Pawyatan 3 Daha Kediri untuk mengaplikasikan digital marketing pada lingkup sekolah. Sebelum penerapannya dilakukan perlu adanya sebuah sosialisasi mengenai digital marketing dengan tujuan agar setiap staf dan guru dapat ikut serta melaksanakan tahapan dalam mengaplikasikan digital marketing dalam ruang lingkup sekolah. Dalam rangka mempersiapkan sekolah, maka Universitas Muhammadiyah Gresik sebagai salah satu mitra SMK Pawyatan 3 Daha Kediri mencetuskan sebuah kegiatan sosialisasi digital marketing sebagai media informasi pada sekolah. Sosialiasi digital marketing ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi mengenai digital marketing seperti Search Engine Optimazation (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Content Marketing dan Social Media Marketing. Seluruh metode tersebut bisa diaplikasikan oleh SMK Pawyatan 3 Daha Kediri dengan tujuan untuk meningkatkan tren hasil pencarian dengan kata kunci tertentu.
References
Chaffey, D. et al. (2009) Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Edited by D. Chaffey. Prentice Hall/Financial Times.
Chaffey, D. and Smith, P.R. (2013) Emarketing Excellence: Planning and Optimizing Your Digital Marketing. Edited by P.R. Smith. Routledge.
Febrianto, V. (2023) ‘Khofifah sebut lulusan SMK berkontribusi tekan pengangguran terbuka’, 10 July.
Gondane, V. and ManpreetKaur, P. (2021) ‘A study on Impact of Digital Marketing Strategies on Education Sector with reference to Nagpur, India’, xIlkogretim Online - Elementary Education Online,2021, 20(1), pp. 2503–2511. Available at: https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.01.283.
Harbi, A.M. and Ali, M.M. (2022a) ‘Adoption of Digital Marketing in Educational Institutions: A Critical Literature Review’, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, 22(4), p. 463. Available at: https://doi.org/10.22937/IJCSNS.2022.22.4.55.
Harbi, A.M. and Ali, M.M. (2022b) ‘Adoption of Digital Marketing in Educational Institutions: A Critical Literature Review’, IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, 22(4), p. 463. Available at: https://doi.org/10.22937/IJCSNS.2022.22.4.55.
Helmiati (2012) Model Pembelajaran. Edited by L. Susanti. Aswaja Pressindo.
Hermawan, H.D., Yunita, D.N. and Deswila, N. (2018) ‘Implementation of ICT in Education in Indonesia during 2004-2017’, Proceedings - 2018 International Symposium on Educational Technology, ISET 2018, 2004, pp. 108–112. Available at: https://doi.org/10.1109/ISET.2018.00032.
Krishnamoorthy, A. and Srimanthi, H. (2019) ‘Digital Marketing And Strategic Planning In Higher Education’, International Journal of Scientific & Technology Research,
ISSN: 2716-5140
E-ISSN: 2716-5175
DedikasiMU (Journal of Community Service)
Volume 5, Nomor 2, Desember 2023
496
8(10), pp. 3326–3329.
Madrim, S. (2022a) ‘Mendikbud: 10,2 Juta Pengguna Pakai Platform Pendidikan’.
Madrim, S. (2022b) ‘Mendikbud: 10,2 Juta Pengguna Pakai Platform Pendidikan’. Available at: https://www.voaindonesia.com/a/mendikbud-10-2-juta-pengguna-pakai-platform-pendidikan/6828882.html.
Oré-Calixto, S. and Vicente-Ramos, W. (2021) ‘The effect of digital marketing on customer relationship management in the education sector: Peruvian case’, Uncertain Supply Chain Management, 9.
Terrance, A.R., Shrivastava, S. and Kumari, A. (2018) ‘Importance of Search Engine Marketing in the Digital World’, in Proceedings of the First International Conference on Information, pp. 155–158.
Vinerean, S. (2017) ‘Content marketing strategy : definition, objectives and tactics’, Expert Journal of Marketing, 5(7), pp. 92–98.