PENDAMPINGAN TERPADU UNTUK MAKSIMALKAN PEMASARAN DIGITAL UMKM SOTO KUDUS KEDAI TAMAN CABANG MOJOKERTO
DOI:
https://doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i4.8556Abstract
Latar belakang kegiatan pengabdian ini adalah melihat saat ini perkembangan Revolusi Industri 4.0 yang berkembang pesat di mana seharusnya diikuti oleh UKM mengembangkan bisnisnya guna mempertahankan daya saing. Pebisnis diharapkan dapat memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan bisnis mereka. Hal ini mendorong pengelola bisnis untuk terus berinovasi, memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan fasilitas usaha mereka.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada UKM Binaan Kedai Soto Kudus Kedai Taman Surabaya yang baru saja membuka cabangnya di Kota Mojokerto agar dapat meningkatkan efektivitas pemasaran digital. Dengan posisi strategis di pusat Kota Mojokerto, industri kuliner memiliki potensi yang menarik.
Metode pada kegiatan ini adalah pada pembinaan bagi pengelola dan karyawan UKM Kedai Soto Kudus Kedai Taman agar mampu menarik pengunjung melalui media promosi digital yang semakin diminati oleh para pebisnis.
Hasil Temuan menunjukkan bahwa UKM tersebut belum dapat mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital untuk menarik lebih banyak pengunjung, meningkatkan jumlah pelanggan, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang strategi pemasaran digital yang efektif, sehingga mereka mampu menciptakan konten promosi yang menarik dan relevan, memaksimalkan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial, serta meningkatkan konversi penjualan. Pada akhirnya, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan bagi UKM tersebut di era digital.
Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah pendampingan dan pelatihan, UKM Kedai Soto Kudus di Mojokerto berhasil meningkatkan jumlah pengunjung dan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dan pemasaran digital, mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan.
Kata Kunci: Pemasaran Digital, UKM, Internet, Pelatihan Digital
References
Alsaleh, D.A., Elliott, M.T., Fu, F.Q. and Thakur, R. (2019), “Cross-cultural differences in the adoption of social media”, Journal of Research in Interactive Marketing, Vol. 13 No. 1, pp. 119-140, doi: 10.1108/JRIM-10-2017-0092.
Anderson, K.E. (2020), “Getting acquainted with social networks and apps: it is time to talk about TikTok”, Library Hi Tech News, Vol. 37 No. 4, pp. 7-12, doi: 10.1108/LHTN-01-2020-0001.
Gulati, S. (2021), “Social and sustainable: exploring social media use for promoting sustainable behaviour and demand amongst Indian tourists”, International Hospitality Review, Vol. 36 No. 2, pp. 373-393, doi: 10.1108/IHR-12-2020-0072.
Kannan, P. K., & Hongshuang, L. (2016). Digital Marketing: A Framework, Review and Research Agenda. International Journal of Research in Marketing.
Karimi, S., Liobikiene, G., Saadi, H. and Sepahvand, F. (2021), _ “The influence of media usage on iranian students’ pro-environmental behaviors: an application of the extended theory of planned behavior”, Sustainability, Vol. 13 No. 15, p. 8299, doi: 10.3390/su13158299.
Konstantoulaki, K., Rizomyliotis, I., Cao, Y. and Christodoulou, I. (2022), “Social media engagement and the determinants of behavioural intentions of university online programme selection: the moderating role of mindfulness”, Corporate Communications: An International Journal, Vol. 27 No. 3, pp. 457-469, doi: 10.1108/CCIJ-07-2021-0081.
Khan, F., & Siddiqui, K. (2013). The Importance of Digital Marketing: An Exploratory Study to Find The Perception and Effectiveness of Digital Marketing amongst The Marketing Proffesionals in Pakistan. Journal of Information Sytems and Operations Management, 1-8.
Raza, S.A., Qazi, W., Shah, N., Qureshi, M.A., Qaiser, S. and Ali, R. (2020), “Drivers of intensive Facebook usage among university students: an implications of U&G and TPB theories”, Technology in Society, Vol. 62, 101331, doi: 10.1016/j.techsoc.2020.101331.
Salem, S.F. and Alanadoly, A.B. (2021), “Personality traits and social media as drivers of word-of mouth towards sustainable fashion”, Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, Vol. 25 No. 1, pp. 24-44, doi: 10.1108/JFMM-08-2019-0162.
Shahzalal, M. and Adnan, H.M. (2022), “Attitude, self-control, and prosocial norm to predict intention to use social media responsibly: from scale to model fit towards a modified theory of planned behavior”, Sustainability, Vol. 14 No. 16, p. 9822, doi: 10.3390/su14169822.
Zhao, L., Lee, S.H. and Copeland, L.R. (2019), “Social media and Chinese consumers’ environmentally sustainable apparel purchase intentions”, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 31 No. 4, pp. 855-874, doi: 10.1108/APJML-08-2017-0183.