PENDAMPINGAN TERPADU UNTUK MAKSIMALKAN PEMASARAN DIGITAL UMKM SOTO KUDUS KEDAI TAMAN CABANG MOJOKERTO

  • Mirza Dwinanda Ilmawan Universitas Internasional Semen Indonesia
  • Achmad Sudiro Universitas Brawijaya
  • Nindi Vaulia Puspita Universitas Kadiri
  • Akza Yusri Rafiqi
  • Alvino Khaira Bayun
  • Muhammad Misbakhul Arif
  • Rangga Dio Alfian
  • Sevril Andre Susanto Universitas Brawijaya

Abstract

Latar belakang kegiatan pengabdian ini adalah melihat saat ini perkembangan Revolusi Industri 4.0 yang berkembang pesat di mana seharusnya diikuti oleh UKM mengembangkan bisnisnya guna mempertahankan daya saing. Pebisnis diharapkan dapat memanfaatkan media sosial dalam mengembangkan bisnis mereka. Hal ini mendorong pengelola bisnis untuk terus berinovasi, memperluas jaringan pemasaran, dan meningkatkan fasilitas usaha mereka.


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan kepada UKM Binaan Kedai Soto Kudus Kedai Taman Surabaya yang baru saja membuka cabangnya di Kota Mojokerto agar dapat meningkatkan efektivitas pemasaran digital. Dengan posisi strategis di pusat Kota Mojokerto, industri kuliner memiliki potensi yang menarik.


Metode pada kegiatan ini adalah pada pembinaan bagi pengelola dan karyawan UKM Kedai Soto Kudus Kedai Taman agar mampu menarik pengunjung melalui media promosi digital yang semakin diminati oleh para pebisnis.


Hasil Temuan menunjukkan bahwa UKM tersebut belum dapat mengoptimalkan penggunaan alat-alat digital untuk menarik lebih banyak pengunjung, meningkatkan jumlah pelanggan, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Selain itu, pelatihan ini juga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang strategi pemasaran digital yang efektif, sehingga mereka mampu menciptakan konten promosi yang menarik dan relevan, memaksimalkan interaksi dengan pelanggan melalui media sosial, serta meningkatkan konversi penjualan. Pada akhirnya, kegiatan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan bagi UKM tersebut di era digital.


Kesimpulan dari kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah pendampingan dan pelatihan, UKM Kedai Soto Kudus di Mojokerto berhasil meningkatkan jumlah pengunjung dan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dan pemasaran digital, mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan.


Kata Kunci: Pemasaran Digital, UKM, Internet, Pelatihan Digital

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 2, 2024
How to Cite
ILMAWAN, Mirza Dwinanda et al. PENDAMPINGAN TERPADU UNTUK MAKSIMALKAN PEMASARAN DIGITAL UMKM SOTO KUDUS KEDAI TAMAN CABANG MOJOKERTO. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 4, p. 491-502, dec. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/8556>. Date accessed: 21 dec. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i4.8556.
Section
Articles