PELATIHAN DESAIN KEMASAN PRODUK FROZEN FOOD DENGAN SMARTMOCKUPS DAN APLIKASI CANVA PADA UMKM ASOSIASI SIDAYU
Abstract
Frozen food merupakan makanan setengah matang. Makanan tersebut dikemas dan dibekukan dan dapat diolah kembali dengan memanaskan kembali. Frozen food, sebagai produk yang memiliki kemasan tentunya harus menarik dan menimbulkan minat konsumen untuk membeli produk tersebut. Kemasan merupakan salah satu hal penting dalam melakukan penjualan dan pemasaran produk. Desain kemasan yang baik akan menjadi daya tarik konsumen untuk minat terhadap suatu produk. Semakin tinggi minat konsumen maka semakin tinggi penjualan. Kemasan memiliki pengaruh yang besar terhadap merek. Jika desain kemasan diabaikan maka membuat minat konsumen menurun untuk membeli produk tersebut, sehingga terjadi ketimpangan antara pendapatan dan penjualan produk. Permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha seperti UMKM yaitu belum memahami kemasan dan proses mendesainnya. Oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan suatu pelatihan desain kemasan. Sasaran dalam kegiatan ini adalah pelaku UMKM yang bergerak dalam usaha produk frozen food. Objek yang digunakan dalam pelatihan ini adalah UMKM usaha produk frozen food asosiasi sidayu. Pada pelatihan desain kemasan menggunakan alat yaitu smartmockups dan aplikasi canva. Kedua alat ini dapat digunakan baik di PC (komputer) maupun Handphone dan penggunaannya membutuhkan internet saja sehingga langsung bisa digunakan dan tidak perlu proses instalasi. Hasil dari kegiatan ini adalah pelaku UMKM usaha produk frozen food asosiasi sidayu dapat melakukan desain kemasan sendiri sehingga meningkatkan kemampuan skill pelaku UMKM dan mengurangi biaya dalam proses pemasaran.