MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK UMKM “ALENA OPAK” MELALUI E- COMMERCE SHOPEE GUNA MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR

  • Ananda Gilang Saputra Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Ummul Firmani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Andi Rahmad Rahim Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Widiharti Widiharti Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sukaris Sukaris Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa KKN dengan tujuan utama untuk meningkatkan Brand Awareness produk UMKM "Alena Opak" melalui platform E-Commerce Shopee. Dalam upaya meningkatkan penjualan dan jangkauan pasar, metode yang digunakan adalah sosialisasi intensif kepada pemilik Alena Opak. Penelitian ini menguraikan langkah-langkah strategis yang dilakukan, seperti pengoptimalan penampilan produk di Shopee, penerapan teknik pemasaran online, dan analisis data performa penjualan.


Melalui penelitian ini, didapatkan hasil yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam brand awareness Alena Opak di Shopee. Dengan menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik pasar online, produk Alena Opak mendapatkan perhatian yang lebih besar dari konsumen, sehingga menghasilkan peningkatan penjualan yang signifikan. Kesimpulannya, sosialisasi produk UMKM melalui platform E-Commerce seperti Shopee dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan brand awareness dan jangkauan pasar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 5, 2024
How to Cite
SAPUTRA, Ananda Gilang et al. MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK UMKM “ALENA OPAK” MELALUI E- COMMERCE SHOPEE GUNA MEMPERLUAS JANGKAUAN PASAR. DedikasiMU : Journal of Community Service, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 112-126, mar. 2024. ISSN 2716-5175. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/dedikasimu/article/view/7498>. Date accessed: 13 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/dedikasimu.v6i1.7498.
Section
Articles