Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik melalui Pembelajaran Berdiferensiasi berdasarkan Konten
Abstract
Kemandirian merupakan salah satu karakter yang sangat penting bagi peserta didik. Meskipun dinilai sangat penting, pada kenyataannya banyak peserta didik yang belum memiliki kemandirian belajar. Hal ini nampak dari hasil pengamatan peneliti, yang mana pada saat kegiatan pembelajaran hanya beberapa peserta didik yang mampu menjawab pertanyaan dari guru serta sebagian besar peserta didik menggantungkan dirinya kepada temannya yang dianggap ahli dalam bidang tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan konten. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C di SMP Negeri 2 Sidoarjo pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (do), pengamatan dan refleksi (see), dimana penelitian ini akan berhenti jika terdapat peningkatan terhadap jumlah peserta didik dengan minimal berada pada kategori cukup mandiri sebesar 62% atau terjadi peningkatan minimal 25% dari pembelajaran pra siklus. Instrumen penelitian dan Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi kemandirian belajar peserta didik. Hasil data yang diperoleh menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan konten mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik.