PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SMP

  • Ingrid Amalia Putri UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Sutini Sutini UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Dian Yuliati UIN Sunan Ampel Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa belajar sebelum dan setelah menggunakan media papan diagram dan bagaimana penggunaan bahan ajar papan diagram mempengaruhi hasil belajar siswa ketika mempelajari statistik. Jenis penelitian ini dikenal sebagai pra-eksperimen. Desain One-Control Group Pretest Posttest digunakan dalam penelitian ini. Dengan memberikan pra-tes di awal dan pasca-tes di akhir, metode penelitian ini hanya memerlukan satu kelompok penelitian. Populasi penelitian dipilih secara purposive random sampling, yaitu siswa UPT SMPN 3 GRESIK. Sebanyak 32 siswa kelas VIII E UPT SMPN 3 GRESIK menjadi sampel penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dan Kolmogorov-Smirnov. Sebelum dan setelah menggunakan media papan diagram, hasil belajar rata-rata siswa meningkat dari 67,5 menjadi 92,8, menurut temuan pada penelitian ini. Kemudian, berdasarkan hasil uji Wilcoxon yang dihitung dari data keseluruhan siswa, nilai signifikan  kurang dari 0,001. Hal ini menunjukkan bagaimana Papan Diagram mempengaruhi hasil belajar mereka baik sebelum maupun setelah menggunakan Papan Diagram.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2024
How to Cite
PUTRI, Ingrid Amalia; SUTINI, Sutini; YULIATI, Dian. PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN DIAGRAM TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SMP. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 208-219, dec. 2024. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/9163>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v5i2.9163.
Section
Articles