Desain E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Etnomatematika Materi Perbandingan

Authors

  • Aulia Cindi Haryana Putri Universitas Muhammadiyah Semarang
  • Dwi Sulistyaningsih
  • Iswahyudi Joko Suprayitno

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.8802

Keywords:

E-LKPD, AIR, Ethnomathematics, Learning Media

Abstract

Abstract

Learning media has a big role in helping students understand the material being studied. However, without teaching materials and other supporting tools, students often experience difficulties, especially when learning story problems in math. Therefore, teachers need to provide effective media to convey the material. At one of the MTS in Semarang Regency, the utilization of utilization of mathematics learning media is not optimal; the media applied is still in the form of printed LKS books, which are not sufficient. Learning media is needed that can be used both in class and for self-study. This research is intended to design an AIR-based E-LKPD through an ethnomathematics approach on the topic of comparison. comparison. The type of research applied in this study is Research and Development (RnD) using the ADDIE development model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), but within the limitations of the development stage. Data were collected through observation, interviews, expert validation sheets, and documentation. The results of this study include E-LKPD design and its validity according to experts. Based on the assessment of the material experts, the E-LKPD achieved an average score of 89% in the highly valid category, and from media experts 85%, also with a very valid category. Overall, E-LKPD achieved an average score of 88% and was rated as very valid, proving that the E-LKPD meets the validity criteria. E-LKPD meets the necessary validity criteria.

Keywords: E-LKPD, AIR, Ethnomathematics, Learning Media

Abstrak

Media pembelajaran memiliki berperan besar dalam membantu peserta didik memahami materi yang dipelajari. Namun, tanpa adanya materi ajar dan alat pendukung lainnya, peserta didik sering mengalami kesulitan, terutama saat mempelajari soal cerita dalam matematika. Karena itu, guru perlu menyediakan media yang efektif untuk menyampaikan materi. Di salah satu MTS di Kabupaten Semarang , pemanfaatan media pembelajaran matematika belum optimal; media yang diterapkan masih berupa buku LKS cetak, yang tidak cukup memadai. Diperlukan media pembelajaran yang dapat digunakan baik dalam kelas maupun untuk belajar mandiri. Penelitian ini dimaksudkan guna merancang E-LKPD berbasis AIR melalui pendekatan etnomatematika pada topik perbandingan. Jenis penelitian yang diterapkan pada studi ini adalah Research and Development (RnD) menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation), tetapi dalam batasan pada tahap development (pengembangan). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, lembar validasi ahli, dan dokumentasi. Hasil dari studi ini meliputi desain E-LKPD dan validitasnya menurut ahli. Berdasarkan penilaian dari ahli materi, E-LKPD mencapai nilai rata-rata 89% dalam kategori yang sangat valid, dan dari ahli media 85%, juga dengan kategori sangat valid. Secara keseluruhan, E-LKPD mencapai nilai rata-rata 88% dan dinilai sangat valid, membuktikan bahwa E-LKPD memenuhi kriteria validitas yang diperlukan.

Kata kunci: E-LKPD, AIR, Etnomatematika, Media Pembelajaran

References

Afsari, Sisca, Islamiani Safitri, Siti Khadijah Harahap, and Lia Sahena Munthe. 2021. “Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika.” Indonesian Journal of Intellectual Publication 1(3):189–97. doi: 10.51577/ijipublication.v1i3.117.
Anderha, Refiesta Ratu, and Sugama Maskar. 2021. “Pengaruh Kemampuan Numerasi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika [The Effect of Numerical Ability in Solving Mathematical Problems on Learning Achievement of Mathematics Education Students].” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 2(1):1–10.
Apriliyani, Sita Wahyu, and Fauzi Mulyatna. 2021. “Flipbook E-LKPD Dengan Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Teorema Phytagoras.” Jurnal SINASIS: Seminar Nasional Sains 2(1):491–500.
Cahyadi, Wahyu, Miftah Faradisa, Sitri Cayani, and Fatrima Santri Syafri. 2020. “Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” ARITHMETIC: Academic Journal of Math 2(2):157. doi: 10.29240/ja.v2i2.2235.
Candra Dewi, Anita, Abdurrahman Arfah Maulana, Adelia Nururrahmah, A. Muh Farid Naufal, Muhammad S. Fadhil, Program Studi Teknik Komputer, Jurusan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, Jl A. P Pettarani, Kec Rappocini, Kota Makassar, and Sulawesi Selatan. 2023. “Peran Kemajuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Journal on Education 06(01):9725–34.
Destrianti, Sindi. 2019. “Etnomatematika Dalam Seni Tari Kejei Sebagai Kebudayaan Rejang Lebong.” Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika 2(2):116. doi: 10.29300/equation.v2i2.2316.
Elma Wati, Tiara Anggia Dewi. 2021. “Pengembangan Lkpd Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas x Sma Negeri 02 Negara Batin.” 9(2):103–16.
Fajriyah, Euis. 2018. “Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika Dalam Mendukung Literasi.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1:114–19.
Hanisah, Yudha Irhasyuarna, and Ratna Yulinda. 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Ispring Suite 10 Pada Materi Reproduksi Tumbuhan Untuk Mengukur Hasil Belajar.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 1(3):6–16. doi: 10.55784/jupeis.vol1.iss3.68.
Khadijah, Siti, Noor Fajriah, and Indah Budiarti. 2022. “Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Melalui Kerajinan Anyaman Pada Materi Lingkaran.” Journal of Mathematics Science and Computer Education 2(2):73. doi: 10.20527/jmscedu.v2i2.5064.
Luthfi, Hannia, and Fibri Rakhmawati. 2022. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 7(1):98–109. doi: 10.31004/cendekia.v7i1.1877.
Made, Tegeh, Jampel Nyoman, and Pudjawan Ketut. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Margolang, Julfansyah, Ahmad Sulaiman, and Ida Umboro Wahyu Nur Wening. 2023. “Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Aeronautical Telecommunication Di Politeknik Penerbangan Makassar.” Airman: Jurnal Teknik Dan Keselamatan Transportasi 6(2):143–52. doi: 10.46509/ajtk.v6i2.387.
Nandini, Yusmia. 2024. “Pengembangan LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pembelajaran IPA.” Αγαη 15(1):37–48.
Rahmayani, I. 2020. “Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0.” Edcomtech 5(1):61–66.
Rohmaini, Luthvia, Netriwati Netriwati, Komarudin Komarudin, Fadly Nendra, and Maratul Qiftiyah. 2020. “Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall.” Teorema: Teori Dan Riset Matematika 5(2):176. doi: 10.25157/teorema.v5i2.3649.
Siswanto, Deny Hadi. 2024. “Pengembangan E-LKPD Pada Materi Relasi Dan Fungsi Dengan Model PAKEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” 3(03):118–32. doi: 10.56741/pbpsp.v3i03.684.
Stevani, Monica, Br Sembiring, and Tiur Malasari Siregar. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Air ( Auditory Intellectualy Repetition ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Intelligence Quotitent ( IQ ) Peserta Didik.” 7(1):116–29.
Subakti, Dwiki Prasetya, Jefri Marzal, and M. Haris Effendi Hsb. 2021. “Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis.” Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika 05(02):1249–64.
W.P. Putra, I.M. Gunamantha, and I.N. Sudiana. 2023. “Pengembangan E-Lkpd Hots Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Sd.” PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 7(1):169–80. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2177.
Warmi, Attin, Alpha Galih Adirakasiwi, and Erik Santoso. 2020. “Covid-19, Motivasi Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Masa Pandemi.” Jurnal Education and Development VIII(3):197–202.
Widyawati, Sri, Dwi Sulistyaningsih, and Iswahyupdi Joko Suprayitno. 2016. “Efektivitas Model Pembelajaran Auditory, Intelectually and Repetition Dengan Pendekatan Trade A Problem Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis.” Jkpm 3(1):17–26.
Yulianti, Tarisa, and Kiki Aryaningrum. 2024. “Pengembangan Media Kuartet Suku Dan Agama ‘ Sukma ’ Di Indonesia Muatan Ips Kelas IV SD Negeri 13 Gelumbang.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling 1(4):1133.
Zai, Fatiyaaro, Aprianus Telaumbanua, Arisman Telaumbanua, and Envilwan Berkat Harefa. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Classroom Pada Pekerjaan Konstruksi.” 12(1).

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Haryana Putri, A. C., Sulistyaningsih, D., & Suprayitno, I. J. (2024). Desain E-LKPD Berbasis Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) Dengan Pendekatan Etnomatematika Materi Perbandingan. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 130–143. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.8802

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.