Pengembangan E-komik Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aljabar Kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v6i1.10305Keywords:
E-komik, Matematika, Pemahaman konsep, AljabarAbstract
Abstract
This study aims to develop learning media in the form of mathematical e-comics as an effort to improve the understanding of the concept of algebraic forms in grade VII. This research is motivated by the underutilization and underdevelopment of digital technology, which helps students understand the concept of algebraic forms in grade VII mathematics. One alternative that can be used is mathematical e-comics. This research method is a Research and Development (R&D) study with a 4D development model. The instruments used are interview sheets, questionnaires, and validation sheets. The results of this research are that the valid criteria for the percentage of media experts is 91.67% with a very valid category, and material experts are 75% with a valid category. The student's test results showed 0,81 in the high category. With the following research results, mathematical e-comics are effective in helping students understand basic algebraic concepts in a more enjoyable and meaningful way.
Keywords: E-comic, Mathematic, Understanding concept, Algebra
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-komik matematika sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep aljabar pada kelas VII. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknologi digital yang belum dimanfaatkan secara optimal dan dikembangkan dengan cara menarik untuk membantu peserta didik memahami konsep bentuk aljabar matematika. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah e-komik matematika. Metode penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara, kuesioner atau angket, dan lembar validasi. Dengan hasil penelitian sebagai berikut. Kriteria valid pada persentase ahli media sebesar 91,67% dengan kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 75% dengan kategori valid. Hasil tes terhadap peserta didik menunjukkan 0,81 dengan kategori tinggi. Dengan demikian hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-komik matematika efektif dalam membantu siswa memahami konsep dasar aljabar secara lebih menyenangkan dan bermakna.
Kata kunci: E-komik, Matematika, Pemahaman konsep, Aljabar
References
Afifah, A., & Arisca Dewi, P. (2022). Pengembangan Media E-Komik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal Axioma : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.56013/axi.v7i1.1194
Andreani, F., Meiliasari, & Lukman El Hakim. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal PISA Matematika Berdasarkan Mathematization Terhadap Materi Aljabar Di SMPN 97 Jakarta. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 51–60. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.07
Hidayah, I. N., & Fathimatuzzahra. (2019). Development of Math Comic Learning Media on the Subject of Algebraic Expressions for Seventh Grade of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1227(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1227/1/012029
Hulu, P., Harefa, A. O., & Mendrofa, R. N. (2023). Studi Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 152–159. https://doi.org/10.56248/educativo.v2i1.97
Kemendikbudristek RI. (2022). Capaian Pembelajaran Matematika Fase A - Fase F. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Riset Dan Teknologi Republik Indonesia, 5–6.
Kunci, K. (2021). Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah Propgam Studi Pendidikan Ekonomi , FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. 2(1), 49–58.
Lady Syifa Pawitra, & Rida Fironika Kusumadewi. (2025). Pengembangan Media Komik Digital Edukatif Untuk Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal IHSAN Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i2.880
Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.
Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2024). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Issue 021).
Pratami, F., Sari, N. D., Hidayani, N., & Supriyadi, R. (2024). Pengembangan E-Komik Media Pembelajaran Menulis Teks Negosiasi dalam proses pembelajaran , termasuk dengan media digital . Media pembelajaran digital beroperasi menggunakan data digital , diproses , diakses , dan didistribusikan ( Sukiman , 2012 ). Istila. Jurnal Pembelajaran Bahasa Indonesia, 14(1).
Risalah, D., & Susiaty, U. D. (2022). Pengembangan E-Comic Berkarakter Terhadap Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Segi Empat. 1(1), 47–57.
Sari, A. P., & Munir, M. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Sitepu, E. N. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Digital. Mahesa, 1(1), 242–248. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/195
Siti Ruqoyyah, Sukma Murni, L. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep dan Risiliensi Matematika dengan VBA Microsoft excel. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie. https://www.google.co.id/books/edition/KEMAMPUAN_PEMAHAMAN_KONSEP_DAN_RESILIENS/R2IXEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku kemampuan pemahaman konsep&pg=PP1&printsec=frontcover
Utami, L., Ilahi, D. P., Ratih, A., Yenti, E., Aiken, I., & Isi, V. (2024). ANALISIS INDEKS AIKEN UNTUK MENGETAHUI VALIDITAS ISI. 6(1), 59–67.