Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas 7F SMPN 1 Tarik

Authors

  • Dyah Ayu Puspita Ardani SMPN 1 Tarik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.7081

Keywords:

Pemecahan Masalah, Pembelajaran Berbasis Masalah, Masalah Matematika

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kecakapan yang diinginkan pada kurikulum merdeka. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah karena pola pembelajaran yang masih konvensional. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas 7F SMPN 1 Tarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Tarik pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 7F yang berjumlah 32 peserta didik, dengan 14 peserta didik laki-laki, dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahapan, yaitu identifikasi masalah, perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (do), refleksi (see), dimana penelitian ini akan berhenti jika tidak ada peserta didik yang berkategori kurang sekali. Hasil data yang diperoleh pada pra siklus terdapat 78% peserta didik yang kategori kurang sekali, pada siklus I terdapat 60% peserta didik kategori kurang sekali, pada siklus II terdapat 24% peserta didik kategori kurang sekali, dan pada siklus III terdapat 0% peserta didik kategori kurang sekali. Adanya pengurangan persentase pada peserta didik yang kategori kurang sekali menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kategori pada seluruh peserta didik. Hal tersebut berarti kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat.

References

Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Dewi, P. S., & Septa, H. W. (2019). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa dengan pembelajaran berbasis masalah. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-39.
Ekananda, A., Pujiastuti, H., & F.S, C. A. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(4), 367–382.
Fauziah, N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2022). Kemampuan Matematis Pemecahan Masalah Siswa dalam Penyelesaian Soal Tipe Numerasi AKM. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3241-3250.
Mertler, C. A. (2011). Action Research. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Rohim, D. C.(2021). Konsep asesmen kompetensi minimum untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Varidika, 33(1), 54-62.
Salbia, N. I.(2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Materi FPB Dan KPK. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 53-59.
Siswono,Tatag Yuli Eko. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan Pengembangan Teori dan Aplikasi Pendidikan Matematika. Surabaya: Unesa University Press.
Susilawati, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dan Kreativitas Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pokok Bahasan Barisan dan Deret Di SMAN Bandung) (Doctoral dissertation, UNPAS).
Wibowo, C. H. (2015). Problematika Profesi Guru dan Solusinya bagi Peningkatan Kualitas Pendidikan di MTs Negeri Nguntoronadi Kabupaten Wonogiri. Media. Neliti. Com. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Downloads

Published

2024-01-02

How to Cite

Ardani, D. A. P. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas 7F SMPN 1 Tarik. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 248–260. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.7081

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.