Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas 7F SMPN 1 Tarik

  • Dyah Ayu Puspita Ardani SMPN 1 Tarik

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematika memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kecakapan yang diinginkan pada kurikulum merdeka. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah karena pola pembelajaran yang masih konvensional. Salah satu upaya guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah melalui pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah di kelas 7F SMPN 1 Tarik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Tarik pada tahun ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas 7F yang berjumlah 32 peserta didik, dengan 14 peserta didik laki-laki, dan 18 peserta didik perempuan. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui empat tahapan, yaitu identifikasi masalah, perencanaan (plan), pelaksanaan tindakan (do), refleksi (see), dimana penelitian ini akan berhenti jika tidak ada peserta didik yang berkategori kurang sekali. Hasil data yang diperoleh pada pra siklus terdapat 78% peserta didik yang kategori kurang sekali, pada siklus I terdapat 60% peserta didik kategori kurang sekali, pada siklus II terdapat 24% peserta didik kategori kurang sekali, dan pada siklus III terdapat 0% peserta didik kategori kurang sekali. Adanya pengurangan persentase pada peserta didik yang kategori kurang sekali menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kategori pada seluruh peserta didik. Hal tersebut berarti kemampuan pemecahan masalah matematika meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jan 2, 2024
How to Cite
ARDANI, Dyah Ayu Puspita. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah di Kelas 7F SMPN 1 Tarik. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 248-260, jan. 2024. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/7081>. Date accessed: 17 june 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v4i2.7081.
Section
Articles