Analisis Prinsip Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Witsuka Jati Narunita Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Anggun Badu Kusuma Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5730

Keywords:

Prinsip Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Model, Media.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model dan media pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi literatur dengan metode analisnya yaitu Miles dan Huberman. Pada penelitian ini didapatkan model pembelajaran yang cocok yaitu model pembelajaran kooperatif dan media pembelajaran yang sesuai yaitu media pembelajaran yang interaktif contohnya yaitu media permainan dan media powerpoint. Keduanya memiliki tuntutan yang sama siswa diharapkan mampu mengikuti pembelajaran secara aktif.

Author Biography

Anggun Badu Kusuma, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Link Google Scholar:
https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=Kd5LUC8AAAAJ 
Link Sinta:
https://sinta.kemdikbud.go.id/authors/profile/6027023
Link scopus
https://www.scopus.com/authid/detail.uri?authorId=57208620070

 

References

Afifah, N., Filza, D. L., Salsabillah, A. P., Zulfahmi, M. N., & Budi, E. S. (2022). PENERAPAN APLIKASI TIKTOK EDUCATION HOLISTIK INTEGRATIF DI TK TARBIYATUL ATHFAL DESA KECAPI KECAMATAN TAHUNAN JEPARA. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 83. https://doi.org/10.30659/ijocs.4.1.83-92

Alhamuddin. (2014). SEJARAH KURIKULUM DI INDONESIA. Nur El-Islam, 1(2), 48–58.

Ali, S. H. G. (2013). PRINSIP-PRINSIP PEMBELAJARAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 31–42.

All Habsy, B. (2017). SENI MEMEHAMI PENELITIAN KULIATATIF DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING : STUDI LITERATUR. Jurnal Konseling Andi Matappa, 01(02), 90–100.

Amin, S. (2013). TINJAUAN KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SD/MI. Al-Bidayah, 5(2), 261–279.

Aprilia Hardiyanti, S., Divi Yustita, A., & Afrida Ermawati, E. (2022). IBM PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH BERBASIS KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SDN 5 KARANGSARI BANYUWANGI. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 2(2), 138–143. https://doi.org/10.46306/jub.v2i2

Bergita Anomeisa, A., Ernaningsih IKIP Muhammadiyah Maumere Jl Jenderal Sudirman, D., & Maumere, W. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN POWERPOINT VBA PADA PENYAJIAN DATA BERKELOMPOK. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 17–31. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr

Chaterine, R. N. (2022). NADIEM: TUJUAN KURIKULUM MERDEKA UNTUK “RECOVERY” DARI “LEARNING LOSS” AKIBAT PANDEMI COVID-19 . Kompas.

Creswell, J. W. (2016). QUALITATIVE INQUIRY AND RESEARCH DESIGN. Sage Publications, Inc: California.

Firmadani, F. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SEBAGAI INOVASI PEMBELAJARAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0, 93–97.

Hanif, Muh. (2014). TINJAUAN FILOSOFIS KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Alternatif Kependidikan, 19(01), 87–144.

Hasanah, N. F., Nurtaman, M. E., & Hanik, U. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN PINGGIR PAPAS 1 SUMENEP. Widyagogik, 6(02), 112–121.

Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi. (2022). PANDUAN PEMBELAJARAN DAN ASESMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, PENDIDIKAN DASAR, DAN MENENGAH. BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA.

Kurniati, P., Lenora Kelmaskouw, A., Deing, A., & Agus Haryanto, B. (2022). MODEL PROSES INOVASI KURIKULUM MERDEKA IMPLIKASINYA BAGI SISWA DAN GURU ABAD 21. Jurnal Citizenship Virtues, 2022(2), 408–423.

Kurniawan, F., & Hardini, A. T. A. (2020). META-ANALISIS PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(4), 492–496. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JISIP/index

Kusuma, J. W., Sukandar, R. S., & Hamidah, H. (2020). PENGUATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SIAP MENGHADAPI UJIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE-RELEVANCE-INTEREST-ASSESSMENT-SATISFACTION DI YAYASAN NURUL FALAH TALOK TANGERANG. Jurnal Abdidas, 1(4), 193–202. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i4.43

Lutfiana, D. (2022). PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMK DIPONEGORO BANYUPUTIH. Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319.

Martikasari, K. (2012). MENYONGSONG KURIKULUM 2013 : SEBUAH KAJIAN DAN REKOMENDASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN. Seminar Nasional Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Yogyakarta.

Mirdad, J. (2020). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN(EMPAT RUMPUN MODEL PEMBELAJARAN). (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan Dan Sosial Islam, 2(2), 14–23.

Nataliasari, I. (2014). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MTS STUDENTS. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(1).

Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2019). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LINGKUNGAN. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(1), 78–93.

Nurfadhillah, S., Rachmadani, A., Salsabila, C. S., Yoranda, D. O., Savira, D., & Oktaviani, S. N. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MELALUI APLIKASI QUIZIZ PADA PELAJARAN MATEMATIKA VI SDN KARANG TENGAH 06. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 280–296. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Nurhana Friantini, R., Winata, R., & Intan Permata, J. (2020). PENGEMBANGAN MODUL KONTEKSTUAL ARITMATIKA SOSIAL KELAS 7 SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 04(02), 562–576.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Rakhmat Riyadi, A. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Departemen Pedagogik Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia, 4(II), 102–111.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rusman. (2018). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN : MENGEMBANGKAN PROFESIONALISME GURU.

Siswadi, I. (2013). MENGENAL KONSEP PENETAPAN KATA KUNCI. Jurnal Pustakawan Indonesia, 12(2), 53–55. www.IlmuKomputer.com.

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF DAN R & D / SUGIYONO. Alfabeta.

Suwarni, D. I., Kurniasih, S., & Rostikawarti, R. T. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) DAN DEMONSTRASI RECIPROCAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKOSISTEM SISWA SMP PGRI SURYAKENCANA CILEUNGSI KABUPATEN BOGOR. Jurnal Pendidikan Ilmiah , 3(8), 90–95.

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Triana, H., Gusti Yanti, P., & Hervita, D. (2023). PENGEMBANGAN MODUL AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS INTERDISIPLINER DI KELAS BAWAH SEKOLAH DASAR PADA KURIKULUM MERDEKA. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 2442–9511. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4644/http

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). KURIKULUM MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Narunita, W. J., & Kusuma, A. B. (2023). Analisis Prinsip Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka dan Penerapannya dalam Pembelajaran Matematika. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 162–178. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5730

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.