Analisis Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Directed Learning

Authors

  • Syafiatul lailiyyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Syaiful Huda Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v4i1.6023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi aritmatika sosial yang ditinjau dari tingkat Self-Directed Learning tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas VII-A SMP YPI Darussalam 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil angket Self-Directed Learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket Self-Directed Learning, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan analisi yang telah dilakukan peneliti, maka hasil penelitian sebagai berikut : 1) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning tiinggi, tidak semua mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah. Terlihat dari subjek yang memiliki skor terbawah dari tingkat self-directed learning tinggi, hanya memenuhi indikator 1,2, dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning sedang dari kedua subjek yang memiliki skor tertinggi dan terendah, bahwa mereka hanya mampu memenuhi indikator 2 dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 3) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning rendah, dari subjek yang memiliki skor tertinggi hanya memenuhi indikator 3 kemampuan pemecahan masalah, sedangkan yang memiliki skor terbawah tidak mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah matematis.

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

lailiyyah, S., Edy, S., & Huda, S. (2023). Analisis Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Directed Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 1–20. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i1.6023

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>