Analisis Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Directed Learning

  • Syafiatul lailiyyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Syaiful Huda Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi aritmatika sosial yang ditinjau dari tingkat Self-Directed Learning tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas VII-A SMP YPI Darussalam 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil angket Self-Directed Learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket Self-Directed Learning, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan analisi yang telah dilakukan peneliti, maka hasil penelitian sebagai berikut : 1) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning tiinggi, tidak semua mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah. Terlihat dari subjek yang memiliki skor terbawah dari tingkat self-directed learning tinggi, hanya memenuhi indikator 1,2, dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning sedang dari kedua subjek yang memiliki skor tertinggi dan terendah, bahwa mereka hanya mampu memenuhi indikator 2 dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 3) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning rendah, dari subjek yang memiliki skor tertinggi hanya memenuhi indikator 3 kemampuan pemecahan masalah, sedangkan yang memiliki skor terbawah tidak mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah matematis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 17, 2023
How to Cite
LAILIYYAH, Syafiatul; EDY, Sarwo; HUDA, Syaiful. Analisis Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Directed Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1-20, july 2023. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/6023>. Date accessed: 10 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v4i1.6023.
Section
Articles