Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning

  • Lailatun Nadhifah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMP. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen model Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis menggunakan  uji t yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,037 < 0,05 maka  ditolak. Artinya, Pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan model Discovery Learning. Selain itu, hasil analisis tersebut didukung oleh nilai N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 0,73 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2024
How to Cite
NADHIFAH, Lailatun; EDY, Sarwo; KHIKMIYAH, Fatimatul. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 177-188, dec. 2024. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/9083>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v5i2.9083.
Section
Articles