Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa SMP menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada mata pelajaran matematika siswa SMP. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya dengan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-C sebagai kelas kontrol menggunakan model Discovery Learning dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen model Problem Based Learning. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,037 < 0,05 maka ditolak. Artinya, Pembelajaran dengan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan model Discovery Learning. Selain itu, hasil analisis tersebut didukung oleh nilai N-Gain score pada kelas eksperimen adalah 0,73 kategori tinggi dan kelas kontrol 0,64 kategori sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan model Problem Based Learning lebih besar daripada hasil belajar model pembelajaran Discovery Learning.