ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN METODE TOULMIN’S ARGUMENTATION PATTEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR(VAK)

indonesia

Authors

  • Kusniatul Afifah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Dina Indarti UPT SMPN 20 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.7567

Keywords:

metode Toulm’s Argumentation Patten, Gaya belajar, kemampuan pemahaman konsep., Toulm's Argumentation Patten method, learning style, ability to understand concepts.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep kelas VIII di UPT SMPN 20 Gresik dalam memecahkan masalah soal benar atau salah menggunakan metode Toulmin’s Argumentation Patten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu 3 orang siswa laki-laki kelas VIII-H dari 32 siswa dengan kemampuan sedang yang mewakili tiap  type gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data berupa angket gaya belajar dan wawancara berbasis tugas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level argument peserta didik dengan gaya belajar kinestetik adalah argumentadi 4, level argument peserta didik dengan tipe gaya belajar Audiotiri adalah argumentasi 1, dan level argument peserta didik dengan tipe gaya belajar Visual adalah argumentasi 2. Berdaarkan hal tersebut peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konsep lebih baik dari dua type gaya belajar lainnya.

References

Anggraini, Rofi Rhyana Dwi, and Aan Hendroanto. 2021. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII Ditinjau Dari Gaya Belajar.” Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 12(1): 31–41.
Direktorat Sekolah Dasar. 2023. Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Mengajar | Seri 1: Filosofi Kurikulum Merdeka. https://www.youtube.com/watch?v=AxtBInPq3yw.
Hasanul Anshori, Hasanul Anshori, and Parhaini Andriani Parhaini Andriani. 2021. “Analisis Pola Argumentasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Permutasi Dan Kombinasi.” Journal of Math Tadris 1(02): 101–14.
Masfingatin, Titin. 2013. “Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Adversity Quotient.” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 2(1).
Ramadhana, Baiq Rachmawatin, Sudi Prayitno, Nourma Pramestie Wulandari, and Sri Subarinah. 2022. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta 4(1): 46–59.
Schwarz, Baruch B., Naomi Prusak, and Rina Hershkowitz. 2010. “Argumentation and Mathematics.” Educational Dialogues: Understanding and Promoting Productive interaction (January): 103–27.
Suyandi, Romi Iwan, Aska Muta Yuliani, and Wiwin Putriawati. 2022. “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan MIPA 12(September): 1266–74.
Yuanata, Beta Elok, Kafa PAI Artanti, Antomi Saregar, and Utama Alan Deta. 2022. “Profil Keterampilan Ilmiah Peserta Didik Pada Model Pembelajaran Berbasis Toulmin’s Argumentation Pattern (TAP) Dalam Memahami Konsep Fisika.” Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran 1(1): 1–6.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Afifah, K., Khikmiyah, F., & Indarti, D. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN METODE TOULMIN’S ARGUMENTATION PATTEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR(VAK): indonesia. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 5(2), 198–207. https://doi.org/10.30587/postulat.v5i2.7567

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.