ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN METODE TOULMIN’S ARGUMENTATION PATTEN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR(VAK)
indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep kelas VIII di UPT SMPN 20 Gresik dalam memecahkan masalah soal benar atau salah menggunakan metode Toulmin’s Argumentation Patten. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu 3 orang siswa laki-laki kelas VIII-H dari 32 siswa dengan kemampuan sedang yang mewakili tiap type gaya belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengambilan data berupa angket gaya belajar dan wawancara berbasis tugas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa level argument peserta didik dengan gaya belajar kinestetik adalah argumentadi 4, level argument peserta didik dengan tipe gaya belajar Audiotiri adalah argumentasi 1, dan level argument peserta didik dengan tipe gaya belajar Visual adalah argumentasi 2. Berdaarkan hal tersebut peserta didik dengan gaya belajar kinestetik memiliki kemampuan pemahaman konsep lebih baik dari dua type gaya belajar lainnya.