Studi Kasus: Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Pada Siswa Autis Menggunakan Media Intelligence Stick
Abstract
Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung pada siswa autis diperlukan strategi dan kreativitas tinggi, salah satunya yaitu penggunaan media pembelajaran yang menarik dan edukatif bagi siswa autis, serta mencoba untuk menggabungkan antara kesulitan yang dialami siswa dan kebiasaan siswa. Media kreatif tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran intelligence stick. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang bermaksud untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bersusun pendek pada siswa autis di Yayasan Amanah Terapi dan Edukasi Gresik dengan menggunakan media intelligence stick. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bersusun pendek pada siswa autis di Yayasan Amanah Terapi dan Edukasi Gresik dapat ditingkatkan dengan menggunakan media intelligence stick. Peningkatan tersebut dilakukan dengan pemberian tindakan berupa pemberian pemahaman tentang nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan, pemahaman tentang konsep penjumlahan tanpa teknik menyimpan dan dengan teknik menyimpan serta pengurangan tanpa teknik meminjam dan dengan teknik meminjam mengakibatkan peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bersusun pendek bagi siswa.