Pengembangan Modul Ajar Matematika Berdiferensiasi Berbasis Understanding by Design (UbD)
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v4i1.5695Keywords:
modul ajar, berdiferensiasi, understanding by designAbstract
Adanya keterbaruan bentuk rencana pembelajaran berupa modul ajar serta pengangkatan konsep pembelajaran berdiferensiasi pada penerapan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka. Hal tersebut dilakukan dengan harapan dapat mengatasi loss learning dan masalah-masalah yang ada pada pembelajaran sebelumnya. Adanya masalah-masalah pada pembelajaran mengindikasikan kemungkinan adanya ketidakterkaitan antar komponen tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, dan evaluasi. Understanding by Design (UbD) diterapkan sebagai salah satu alternatif desain untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan mengaitkan ketiga komponen tersebut dan mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul ajar matematika berdiferensiasi berbasis UbD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan DDDE (Decide, Design, Develop, and Evaluate). Pada tahap decide telah dilakukan analisis kebutuhan yang berhubungan dengan pembuatan modul ajar. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis kebutuhan, pada tahap design modul ajar dirancang dan dikembangkan oleh peneliti pada tahap development. Kemudian pada tahap evaluate, modul ajar dinilai aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Dapat disimpulkan bahwa modul ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak, sangat praktis dan sangat efektif. Selain itu, dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Understanding by Design (UbD) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam merancang modul ajar matematika berdiferensiasi. Hasil studi ini dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan penelitian lain di waktu mendatang khususnya untuk ditelaah pengaruhnya pada penerapan suatu pembelajaran matematika secara komprehensif.
References
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asari, S., Fauziyah, N., & Uchtiawati, S. (2018). Improving Teacher Pedagogic Competences in Remote Areas through Lesson Study Activity. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(2), 53. https://doi.org/10.7575/aiac.ijels.v.6n.2p.53
Dávila, A. (2017). Wiggins , G ., & McTighe , J . ( 2005 ) Understanding by design ( 2nd ed .). Alexandria , VA : Association for Supervision and Curriculum Development ASCD. 19(1), 140–142.
Fatah, A., Chandra, D. T., & Samsudin, A. (2019). Developing CAI-PBL with DDD-E model on magnetic fields concept. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052031
Fox, B. E. (2012). Design to learn , learn to design : Using backward design for information literacy instruction. 5(2), 144–155.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10
Ivers, K. S., & Barron, A. E. (2002). Multimedia Projects in Education Designing, Producing, and Assessing. Libraries Ideas Press Unlimited Teacher. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/00242530710736145
Kuntari, F. R., Rondonuwu, F. S., & Sudjito, D. N. (2019). Understanding by Design ( UbD ) for the Physics Learning about Parabolic Motion. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 09(01). https://doi.org/10.26740/jpfa.v9n1.p32-43
Nurdin, S. (2013). Aspek Aplikasi Konsep Sains Dalam Evaluasi Pembelajaran IPA di MI. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 4(1).
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Permen 68 thn 2013 Struktur kurikulum. 2013–2015.
Pertiwi, S., Sudjito, D. N., Rondonuwu, F. S., Studi, P., & Sains, P. (2019). Perancangan Pembelajaran Fisika tentang Rangkaian Seri dan Paralel untuk Resistor Menggunakan Understanding by Design ( UbD ). 2(1), 1–7.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research.
Putra, Z. R. A., & Wintarti, A. (2020). DEVELOPMENT STUDENT’S WORKSHEETS SOLID CURVED SURFACE BASED ON AUGMENTED REALITY. Majamath: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36815/majamath.v4i1.896
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Kencana.
Sgro, S., & Freeman, S. (2008). TEACHING CRITICAL THINKING USING UNDERSTANDING BY Teaching Critical Thinking using Understanding by Design Curriculum Development Methods. American Society for Engineering Education.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Sugiyono. Mode Penelitian Kualitatif, 5(January), 1–5.
Taiyabi, F. (2021). Understanding by Design " Curriculum Innovation Instructional Development " ( UbD ) and. 15(4), 1142–1152.
Tshering, S. (2022). The Impact of Using Understanding by Design ( UbD ) Model on Class 10 Student ’ s Achievement in Chemistry. 6(April), 29–33. https://doi.org/10.20885/ijcer.vol
Wahidah, N. I., Ibrahim, N., & Muslim, S. (2019). E-Module : Design A Learning Material With Rowntree And Hannafin Model For Higher Education. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(12), 3373–3376.
Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by design, expanded (2nd ed.). Alexandria VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
Yurtseven, N., & Altun, S. (2016). Understanding by Design (UbD) in EFL Teaching : The Investigation of Students ’ Foreign Language Learning Motivation and Views Unders standing by Design ( UbD ) in EFL Teaching : The Investigation n of Students ’ Foreign Language Learning. Redfame Publishing, 3(December). https://doi.org/10.11114/j