Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Pengalaman Siswa Untuk Menguatkan Pembelajaran Numerasi SMP Dalam Mendukung Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.30587/postulat.v3i1.4299Keywords:
Mod Digital Interaktif, NumerasiAbstract
Ditengah problematika yang dirasakan oleh satuan Pendidikan, pada tahun 2020 dunia dihadapkan dengan tantangan baru yakni industry 4.0. Kita telah masuk ke era baru industri yang biasa disebut dengan data technology. Pada titik ini, hampir semua aspek kehidupan akan bergantung pada teknologi machine learning. Tantangan lainnya yang bersifat internal, berupa munculnya gejala mentalitas anak-anak bangsa yang melemah. Menghadapi tantangan itu semua tentu harus diimbangi dengan pendidikan yang bermutu supaya dapat menjamin tumbuh kembangnya Sumber Daya Manusia yang berkualitas, yang kreatif, yang bisa bertindak cepat, tepat, dan mampu beradaptasi dengan baik dalam mengantisipasi sekaligus mengatasi dampak negatif dari gelombang perubahan besar tersebut. Namun sayangnya kondisi pendidikan kita belum menunjukkan hasil yang memuaskan, salah satu indikatornya berdasarkan data skor PISA (Programme for International Students Assessment) tahun 2015 pada tingkat literasi yang meliputi tiga aspek; membaca, kemampuan matematika, dan kemampuan sain, masih berada pada peringkat 10 besar terbawah yaitu peringkat ke-62 dari 72 negara anggota OECD (Orgnization for Economic Cooperation and Development), kita masih kalah dari negara Vietnam. Menghadapi era industri 4.0 setidaknya ada 6 literasi dasar yang wajib dikuasai. Literasi dasar tersebut berperan sangat penting dalam pendidikan maupun kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah literasi numerasi. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dikembangkan suatu modul digital inetraktif berbasis pengalaman siswa dengan harapan mampu mendorong keterampilan numerasi siswa sehingga mampu mendukung program merdeka belajar.
References
Aplikasi Undangan Pernikahan “Ourstories.” Jurnal VCD, 6(2), 32–46.
Atsani, K. L. G. M. Z. (2020) ‘Transformasi media pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 (Transformation of learning media during Covid-19 pandemic)’, Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), pp. 82–93. Available at: http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905.
Benny, A. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Borg, W.R., & Gall, M.D. 1983. Educational Research an Introduction. New York: Longman
Fitriyani, Y., Fauzi, I. and Sari, M. Z. (2020) ‘Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19’, Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), pp. 121–132. doi: 10.23917/ppd.v7i1.10973.
Habibah, R. et al. (2020) ‘Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19’, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), p. 1. doi: 10.30742/tpd.v2i2.1070.
Luther, A.C. 1994. Authoring Interactive Multimedia. Massachusettes: Academic Press, Inc
Nicola, M. et al. (2020) ‘The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review’, International Journal of Surgery. Elsevier Ltd, pp. 185–193. doi: 10.1016/j.ijsu.2020.04.018.
O.D, O. (2014) ‘Relevance of Educational Media and Multimedia Technology for Effective Service Delivery in Teaching and Learning Processes’, IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 4(2), pp. 48–51. doi: 10.9790/7388-04214851.
Purwanto, A. et al. (2020) ‘Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar’, EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), pp. 1–12. Available at: https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Reiser, R. and Dempsey, J. (2012) ‘Trends and issues in instructional design’, Pearson Education, Inc., publishing as Allyn & Bacon.
Sugiharni, G. A. D. (2018) ‘Pengembangan Modul Matematika Diskrit Berbentuk Digital Dengan Pola Pendistribusian Asynchronous Menggunakan Teknologi Open Source’, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), p. 58. doi: 10.23887/janapati.v7i1.12667.
Yaumi, M. (2017). Belajar dan Mengajar dengan Media dan Teknologi
Pembelajaran. Watanpone, Sulawesi Selatan: Penerbit Syahadah.