Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika

Authors

  • Ferina Vetty Jazilah Pendidikan Matematika
  • Nur Fauziyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Sri Suryanti Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v4i1.5998

Keywords:

literasi nunerasi, statistika

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C di SMP Negeri 11 Gresik pada tahun ajaran 2022/2023 dengan 3 subjek peserta didik yang dikategorikan menjadi kelompok tinggi, sedang dan rendah. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara dan rekaman. Hasil tes akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelompok tinggi berada pada level 1,2,3,4,5,6, kelompok sedang berada pada level 1,2,3,4, sedangkan kelompok rendah hanya mampu pada level 4 dan 6. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelompok sedang dan rendah masih rendah sekali. Hal ini ditunjukkan oleh persentase kemampuan literasi numerasi berdasarkan pengkategorian kelompok tinggi sebanyak 28,1%, kelompok sedang sebanyak 34,4%, dan kelompok rendah sebanyak 37,5%.

Downloads

Published

2023-07-21

How to Cite

Jazilah, F. V., Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2023). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 96–111. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i1.5998

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>