Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik

  • Nimatul Hikmah Pendidikan Matematika
  • Irwani Zawawi Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia
  • Sri Suryanti Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Gresik, Indonesia

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep peserta didik. Metode penelitiaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental. Bentuk quasi yang digunakan adalah pretest-posttest control group desing. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-A dan VII-B di MTs. An-Nuriyah. Kelas VII-A menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (eksperimen) sedangkan kelas VII-B menggunakan model pembelajaran konvensional (kontrol). Hasil penelitian menunjukkan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen (inkuiri terbimbing) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil tes pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen adalah 83,67 sedangkan rata-rata hasil tes pada kelas kontrol adalah 60,67. Begitu juga dengan hasil analisis data menggunakan uji-t dua sample independen yang menunjukkan nilai sig maka dapat disimpulkan ditolak yang artinya ada perbedaan pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan model pembelajaran konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 21, 2023
How to Cite
HIKMAH, Nimatul; ZAWAWI, Irwani; SURYANTI, Sri. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 21-33, july 2023. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/5999>. Date accessed: 16 may 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v4i1.5999.
Section
Articles