Pengaruh Komunikasi Matematika Terhadap Koneksi Matematika, Kemandirian Belajar, dan Berpikir Kreatif

Authors

  • Sarina Wati Universitas Muhammadiyah Gresik
  • sarwo Edy Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1684

Abstract

Berpikir kreatif sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan berpikir kreatif maka peserta didik akan lebih cakap dalam menghasilkan berbagai cara dalam menyelesaikan suatu masalah. Banyak penelitian terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan berpikir kreatif ini dipengaruhi oleh beberapa kemampuan peserta didik lainnya. Seperti kemampuan komunikasi matematika, kemampuan koneksi matematika, dan kemandirian belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh kemampuan komunikasi matematika terhadap koneksi matematika, kemandirian belajar dan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian Structural Equation Model (SEM). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Gresik yang berjumlah 224 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan rumus slovin dengan taraf kesalahan sebesar 5%, maka jumlah anggota sampel sebanyak 144 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematika, koneksi matematika, dan berpikir kreatif serta kuisioner kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan koneksi matematika, kemampuan komunikasi matematika tidak berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian belajar, komunikasi matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif, koneksi matematika tidak berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif, dan kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif.

References

Akhdiyat, Agil Maulana., Hidayat, Wahyu. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika Siswa Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 1, No.6.
Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA
Ismaimuza, D. (2013). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif.
44
Sarina Wati1, Sarwo Edy2: Pengaruh Komunikasi Matematika
Karim. (2013). Berpikir Kreatif Siswa Membuat Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah
Oktaviani, Dini. (2017). Pengaruh Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas VII di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan
Qohar, Ad. (2011). Asosiasi Antara Koneksi Matematis dan Komunikasi Matematis Serta Kemandirian Belajar Matematis

Downloads

Published

2020-08-28

How to Cite

Wati, S., & Edy, sarwo. (2020). Pengaruh Komunikasi Matematika Terhadap Koneksi Matematika, Kemandirian Belajar, dan Berpikir Kreatif. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 1(1), 35–44. https://doi.org/10.30587/postulat.v1i1.1684

Issue

Section

Articles