Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV

  • Dita Amelia Sukardi Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Wahyuning Widiyastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas VIII A SMPN 1 Juwana. Jenis penelitian yang diambil ialah jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwana pada tanggal 2 Januari 2023 sampai 9 Januari 2023 dengan seluruh siswa kelas VIII sebanyak 325 siswa mulai dari kelas VIII A sampai kelas VIII J sebagai populasinya. Diambil kelas VIII A sebanyak 32 siswa untuk sampel penelitian dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 butir instrumen tes yang diberikan kepada siswa sebagai pretest dan posstest untuk megetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rerata nilai posttest (86,88) meningkat dari nilai pretest (53,44). Hasil belajar matematika siswa lebih baik daripada sebelumnya dengan thitung (13,193) > ttabel (1,696). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 30, 2023
How to Cite
SUKARDI, Dita Amelia; WIDIYASTUTI, Wahyuning. Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 275-285, dec. 2023. ISSN 2723-0600. Available at: <https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat/article/view/5797>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5797.
Section
Articles