Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV

Authors

  • Dita Amelia Sukardi Institut Agama Islam Negeri Kudus
  • Wahyuning Widiyastuti

DOI:

https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5797

Keywords:

Pendekatan RME, SPLDV, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas VIII A SMPN 1 Juwana. Jenis penelitian yang diambil ialah jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwana pada tanggal 2 Januari 2023 sampai 9 Januari 2023 dengan seluruh siswa kelas VIII sebanyak 325 siswa mulai dari kelas VIII A sampai kelas VIII J sebagai populasinya. Diambil kelas VIII A sebanyak 32 siswa untuk sampel penelitian dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 butir instrumen tes yang diberikan kepada siswa sebagai pretest dan posstest untuk megetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rerata nilai posttest (86,88) meningkat dari nilai pretest (53,44). Hasil belajar matematika siswa lebih baik daripada sebelumnya dengan thitung (13,193) > ttabel (1,696). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.

References

Catrining, L., & Widana, I. W. (2018). Pengaruh pendekatan pembelajaran realistic mathematics education (RME) terhadap minat dan hasil belajar matematika. Jurnal Emasains, 07(2), 120–129. https://doi.org/10.5281/zenodo.2548071
Fadilla, P., Koryati, D., & Djumadiono. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffolding Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 1(1), 65. https://doi.org/10.36706/jp.v1i1.5514
Hadi, S., & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends in International Mathematics and Science Study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi, 562–569. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096
Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547
Hisma Darliani. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Pada Siswa Kelas VIII.A MTS. Aisyiyah Sunggumnasa [UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR]. https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/26856-Full_Text.pdf
Muncarno, & Astuti, N. (2018). Pengaruh Pendekatan RME terhadap Hasil Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 103–133. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1356
Ningrum. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Berbasis Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Man 1 Metro Tahun Pelajaran 2016/2017. JURNAL PROMOSI Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 5(1), 145–151. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v5i2.1224
Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education : model alternatif Pembelajaran matematika sekolah. JPM IAIN Antasari, 01(2), 73–94. https://media.neliti.com/media/publications/121158-ID-none.pdf
Rahmah, N. (2014). Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Mengaktifkan Siswa. Al-Khwarizmi, 2(1), 91–102. https://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/al-khwarizmi/article/view/105/91
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (1st ed., Vol. 53, Issue 9). CV. Bumi Maheswari. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14062/1/Buku - Metode Penelitian Pendidikan %282020%29.pdf
Simarmata, E. P. (2022). Analysis Journal of Habits of Mind Through the Realistic Mathematics Education (RME) Approach in Improving Reasoning Ability. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 12. https://doi.org/10.24114/jfi.v2i2.31055
Sumira, Putri, S. R., & Sari, A. M. (2022). Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri 10 Sitiung. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 5(1), 10–16. https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5753

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Sukardi, D. A., & Widiyastuti, W. (2023). Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(2), 275–285. https://doi.org/10.30587/postulat.v4i2.5797

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.