Efektivitas Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui efektivitas pendekatan RME terhadap hasil belajar siswa materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada kelas VIII A SMPN 1 Juwana. Jenis penelitian yang diambil ialah jenis penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Juwana pada tanggal 2 Januari 2023 sampai 9 Januari 2023 dengan seluruh siswa kelas VIII sebanyak 325 siswa mulai dari kelas VIII A sampai kelas VIII J sebagai populasinya. Diambil kelas VIII A sebanyak 32 siswa untuk sampel penelitian dengan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan 5 butir instrumen tes yang diberikan kepada siswa sebagai pretest dan posstest untuk megetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan rerata nilai posttest (86,88) meningkat dari nilai pretest (53,44). Hasil belajar matematika siswa lebih baik daripada sebelumnya dengan thitung (13,193) > ttabel (1,696). Dapat disimpulkan bahwa pendekatan RME efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika.