Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Geogebra untuk Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik

Authors

  • Yafi Aldi Pranoto Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Fatimatul Khikmiyah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7066

Keywords:

student worksheets, Pythagorean theorem, Geogebra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan bantuan aplikasi Geogebra yang dapat meningkatkan pemahaman mata pelajaran secara keseluruhan dari hasil belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi (Define, Design, Develop). Subyek penelitian ini adalah beberapa peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pre test dan post test, wawancara pendidik, angket kebutuhan peserta didik, angket peserta didik pasca uji coba, dan lembar validasi ahli media dan materi. Hasil analisis data penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKS dengan kriteria 1) Sangat Valid baik dari validasi ahli materi dengan persentase 81,82% dan validasi ahli media dengan persentase 82,35%. 2) Layak dari angket peserta didik yaitu 70,37% jawaban memenuhi kebutuhannya. 3) Tuntas dari hasil pretest dan posttest seluruh peserta didik di kelas, dengan nilai rata-rata 90,83 dari pretest dan 93,75 dari posttest. Dengan demikian, pengembangan LKS dengan Geogebra dapat dijadikan sebagai pendamping pembelajaran untuk memperkuat pemahaman peserta didik.

References

Ary Prasetya, Rohana Rohana, Nyiayu Fahriza Fuadiah. (2023). LKPD Materi Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Berbantuan Geogebra Untuk Kelas VIII. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (3), hlm. 2178-2190.
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan
Darusalam, A. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis web interaktif (blog) untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran pemasaran online sub kompetensi dasar merancang website (studi pada siswa kelas X tata niaga SMK Negeri 2 Nganjuk). Jurnal Pendidikan Tata Biaga (JPT). 3(2).
Depdiknas. (2008). Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Hannafin, Micahel, J. & Peck, Kyle L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. New York: Macmillan Publishing Company.
Izzulhaq, Agung. (2019). Pembuktian Teorema Pythagoras. https://www.kimiamath.com/post/pembuktian-teorema-pythagoras diakses pada 1 April 2023.
Jean Piaget. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif. Jakarta: Gramedia.
Kurniawati, Nindi. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Geogebra Pada Materi Turunan. Skripsi. Lampung: UIN Raden Intan. http://repository.radenintan.ac.id/4297/1/SKIPSI%20NINDI%20KURNIAWATI.pdf diakses pada 25 Oktober 2023.
Novitasari, Dwi, dkk. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT) 7 (1), hlm. 1-16.
Riduwan. (2013). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Saffitri, Nadiyya, dkk. (2022). Efektivitas Penggunaan LKPD Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). 6(3), hlm.351-361. DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361 diakses 26 Oktober 2023.
Sartorius von Waltershausen, Wolfgang. (1856). Gauss zum Gedächtniss (dalam bahasa Jerman). S. Hirzel
Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tanzimah. (2019). PEMANFAATAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3091/2910 diakses 21 Februari 2024.
Wahyudin. (2008). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada materi Lingkaran bagi siswa kelas VIII. 15(1) : 65.

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Pranoto, Y. A., Fauziyah, N., & Khikmiyah, F. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Geogebra untuk Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gresik. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 96–105. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.7066

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >> 

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.