Analisis Kesesuaian Proses Pembelajaran Fisika dengan RPP Pada Materi Fluida Statis Di MAS Laboratorium Melalui Pengamatan Video Pembelajaran Menggunakan TBLA

Authors

  • Clarissa Nur Anggraini Universitas Jambi
  • Nova Susanti Universitas Jambi
  • Rahma Dani Universitas Jambi
  • Ike Maryanti MAS Laboratorium Kota Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.6923

Keywords:

Physics education; TBLA; Video pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilakuakn untuk mengetahui kesesuaian proses pembelajaran fisika dengan RPP yang digunakan oleh guru model pada materi Fluida Statis. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati dua buah video rekaman proses pembelajaran yang dilakuakan di MAS Laboratorium. Video rekaman tersebut didapatkan dari Prodi PPG Universitas Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan analisis TBLA untuk mengetahui kesesuain proses pembelajaran fisika dengan RPP berdasarkan transkrip pembelajaran. Pada penelitian ini didapatkan hasil bahwa proses pembelajaran fisika pada materi Fluida Statis di MAS Laboratorium Kota Jambi yang dilakukan dengan RPP yang digunakan oleh guru model dapat terlihat bahwa pembelajaran dari pertemuan 1 dan pertemuan 2 telah sesuai dikarenakan proses pembelajaran telah memenuhi sintaks model PBL yang digunakan dalam RPP

References

Amintarti, S., Winarti, A., Sholahuddin, A., Syahmani, & Wati, M. (2020). Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA) Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia. Quantum : Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(2).
Andari, R. D., Basri, H., Tafrilyanto, C. F., & Lanya, H. (2022). Analisis Model Pembelajaran Dan Identifikasi 2C Siswa Smp Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Tbla. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 146–160. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v7i2.2099
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Elvera, & Astarina, Y. (2021). Metodologi Penelitian. Penerbit Andi (Anggota IKAPI).
Fitriana, M., Hasanuddin, Artika, W., Samingan, & Safrida. (2022). Analysis of Biological Learning Process Through Lesson Study by Using Transcript Based Lesson Analysis on Nervous System Material Pendahuluan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 440–450. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.24433
Gaudin, C., & Chalies, S. (2015). Video viewing in teacher education and professional development: A literature review. Educational Research Review, 16, 41–67. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2015.06.001
Inah, E. N. (2015). Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2).
Muliarta, I. K. (2018). Menerjemahkan Perubahan dari TCL (Teacher Center Learning) ke SCL (Student Centered Learning). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).
Murzanita, M., Susanti, N., & Lestari, N. (2021). Analisis Pembelajaran IPA Pada Materi Cahaya Dengan Lesson Study Berbasis TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) Kelas VIII SMP Islam Al-Falah Kota Jambi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2), 54–61.
Musdar, M. (2018). Pemetaan konsep fisika siswa kelas XI pada kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuwan (JPFK), 4(1), 36–41. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i1.1909
Putri, R. R., & Susanti, N. (2021). Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Virtual. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(2).
Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.
Saregar, A., Diani, R., & Kholid, R. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran ATI ( Aptitude Treatment Interaction ) Dan Model Pembelajaran TAI ( Team Assisted Individualy ) : Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(1).
Skukauskaite, A., & Girdzijauskiene, R. (2021). Video analysis of contextual layers in teaching-learning interactions. Learning, Culture and Social Interaction, 29(February). https://doi.org/10.1016/j.lcsi.2021.100499
Sondole, V., Taunaumang, H., & Komansilan, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Materi Elastisitas Bahan Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar Siswa di Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 31–36.
Sumiati, E., Septian, D., & Faizah, F. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis Scientific Approach untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan (JPFK), 4(2), 75–88. https://doi.org/10.2572/jpfk.v4i2.2535
Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Seminar Nasional Edusainstek.
Susetyarini, E., Wahyuni, S., & Latifa, R. (2021). Lesson Study Learning Community melalui Model Transcript Based Learning (TBLA) dalam Pembelajaran IPA. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(2).
Tampubolon, R., Gulo, Y., & Nababan, R. (2022). Pengaruh Reformasi Kurikulum Pendidikan Indonesia Tehadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Darma Agung, 30(2), 389. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i2.1748

Downloads

Published

2024-02-19

How to Cite

Anggraini, C. N., Susanti, N., Dani, R., & Maryanti, I. (2024). Analisis Kesesuaian Proses Pembelajaran Fisika dengan RPP Pada Materi Fluida Statis Di MAS Laboratorium Melalui Pengamatan Video Pembelajaran Menggunakan TBLA. DIDAKTIKA : Jurnal Pemikiran Pendidikan, 30(1), 48–57. https://doi.org/10.30587/didaktika.v30i1.6923